6 Juta jam nihil kecelakaan kerja, BSI diganjar penghargaan Zero Accident

Senin, 31 Januari 2022 | 19:05 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Awal tahun ini, PT Bumi Suksesindo (PT BSI) menerima kabar baik dengan kembali menerima penghargaan nihil kecelakaan kerja atau "Zero Accident" dari Gubernur Jawa Timur. Penghargaan ini diterima atas capaian 6.038.954 jam kerja produksi tanpa cedera, terhitung tanggal 1 Desember 2020 sampai dengan 31 Oktober 2021.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, Himawan Estu Subagijo, kepada General Manager Operations PT BSI, Luke Morris.

"Capaian ini sangat membanggakan karena saat ini kita sedang memperingati Bulan K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) Nasional. Penghargaan ini semoga semakin menyemangati kita untuk lebih peduli terhadap keselamatan kerja," kata Luke dalam siaran resmi yang diterima kabarbisnis.com, Surabaya, Senin (31/1/2022).

Di hadapan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur dan Banyuwangi, Luke memaparkan beberapa program K3 yang diterapkan di area operasi Tujuh Bukit. Penerapan keselamatan kerja di lapangan bisa meliputi tindakan pencegahan, kontrol proses, dan kontrol korektif.

Dalam pencegahan, perusahaan telah menyusun berbagai piranti untuk mendorong kehati-hatian setiap orang yang berada di area tambang, seperti OK-KAN, Hazard Report, dan TAHAN. "Pada intinya, sebelum memulai suatu pekerjaan, setiap pekerja harus paham betul pekerjaannya dan potensi bahaya yang mungkin terjadi," katanya.

Selain itu, OHS secara terus-menerus mengampanyekan perihal keselamatan dan kesehatan kerja kepada para karyawan dan siapa saja yang memasuki area tambang. Dalam hal ini, Luke mengapresiasi semua yang terlibat dalam Operasi Tujuh Bukit karena telah mendukung OHS untuk menciptakan budaya K3 di mana pun berada.

"Kepatuhan terhadap K3 menjadi tonggak utama perusahan dalam menjalankan kegiatan pertambangan," katanya.kbc6

Bagikan artikel ini: