Siswa Lasalle College angkat tokoh mitologi Indonesia dalam balutan tenun gedog di Paris Fashion Week

Rabu, 26 Januari 2022 | 20:29 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: 10 Siswa Fashion Design Lasalle College Surabaya merepresentasikan tokoh mitologi Indonesia dengan balutan tenun gedog pada Paris Fashion Week, pada Maret 2022 mendatang.

Adalah Angel Wina, Angela Joe, Jenisse Quinn Gunawan, Mega Augustine Corindra, Mariesa Zahra Kirana, Michele Gela, Mirachael Angelina F.K., Safana Noor, Wenda Mamatha, dan Yavica Sasky yang akan mempersembahkan hasil designnya dengan katagori Pret-a-Porter, yaitu Ready-to-Wear dalam runway Paris Fashion Week 2022.

Koleksi yang akan ditampilkan para siswa tersebut mengangkat tema Indonesian Folklore di even Paris Fashion Week 2022, yakni cerita rakyat Indonesia.

Menurut Angel Wina, tema tersebut diangkat dengan tujuan agar mereka sebagai generasi muda dapat membawa, memperkenalkan dan melestarikan keindahan serta kekayaan budaya Indonesia ke ranah mancanegara.

"Kami mengambil ide dan konsep utama dari satu tokoh mitologi Indonesia, Mulai dari Nyi Roro Kidul, Keong Mas, Dewi Sri, Kendedes, Roro Jonggrang, dan masih banyak lagi," ulasnya dalam press conference di Surabaya, Rabu (26/1/2022).

Dikatakannya, tim ini menggunakan karakteristik utama dari setiap karakter yang dipilih kemudian menerapkannya dalam desain masing-masing koleksi, Sehingga setiap desain memiliki nilai tertentu berdasarkan gaya masing-masing siswa dan karakter yang mereka pilih. Para siswa juga menggabungkan siluet modern dengan kain tradisional untuk menciptakan potongan yang unik dan langka.

Menariknya, para siswa menggunakan Tenun Gedog di setiap tampilan koleksnya. Tenun Gedog merupakan salah satu kain tradisional Indonesia yang berasal dari Tuban.

"Kami sengaja memilih bahan tenun gedog sebagai upaya untuk memperkaya dan menonjolkan budaya Indonesia," ujar Angel.

Keistimewaan dari kain ini adalah kain ini ditenun dengan tangan sehingga setiap helai kain memiliki nilai yang berharga.

Untuk diketahui, Lasalle College selalu mengedepankan kolaborasi antar program, dengan harapan para siswanya terbiasa untuk bekerjasama dengan bidang lainnya untuk memperkaya setiap project yang dilakukan. Hal ini diterapkan dalam penampilan di momen press conference tersebut.

Seperti siswa dari Program Interior Design yang menerjemahkan tema besar dari koleksi para siswa Fashion Design ke dalam dekorasi area event. Dekor terdiri dari panel-panel yang diolah sedemikian rupa agar dapat mewakili setiap keanekaragaman budaya Indonesia.

Sedangkan siswa Artistic Make Up Lasalle College Surabaya ikut merias para model yang membawakan koleksi baju tersebut.

Patrick SML selaku koordinator Paris Fashion Week untuk Lasalle College Surabaya menuturkan, di momen pada Maret 2022 itu pihaknya ingin mengkampanyekan budaya Indonesia melalui karya-karya siswa.

"Kami bekerja sama dengan Fashion Division yang selama ini menaungi beberapa brand di Indonesia dan telah menyukseskan desainer-desainer Indonesia. Untuk itu kami yakin karya para siswa Lasalle College punya potensi," ujarnya. kbc7

Bagikan artikel ini: