Kapasitas penonton MotoGP Mandalika ditambah jadi 100 ribu orang

Senin, 17 Januari 2022 | 17:05 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, jumlah penonton ajang MotoGP Mandalika bertambah menjadi 100 ribu orang dari sebelumnya hanya 60 ribu orang.

Penambahan ini disetujui langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan alasan tingginya capaian vaksinasi dosis pertama di lokasi penyelenggaraan.

"Terkait dengan tambahan penonton Moto GP, ada permintaan untuk menambahkan jumlah penonton dari 63 ribu menjadi 100 ribu. Nah ini di bapak presiden (Jokowi) sudah menerbitkan persetujuan," ucapnya dalam konferensi pers Evaluasi PPKM, Minggu (16/1/2022).

Menko Airlangga menyampaikan, capaian dosis vaksinasi tingkat pertama untuk daerah Lombok Tengah sudah 84 persen. Sedangkan untuk vaksinasi Lansia mencapai 74 persen.

Bahkan, capaian vaksinasi dosis pertama di Mataram sudah lebih dari 100 persen. Sementara untuk lansia mencapai 61 persen.

"Ini karena masyarakat yang di luar Mataram juga di vaksin di sana," pungkasnya.

Sebelumnya, Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto akan menerapkan mekanisme travel bubble saat gelaran ajang MotoGP Sirkuit Mandalika pada 18 -20 Maret 2022.

"Hal ini untuk mengantisipasi risiko virus Covid-19 masuk ke Indonesia, saat peserta dan tim MotoGP tiba," kata Hadi.

Sebelum mereka datang, pihaknya sudah tahu jumlahnya dan sudah PCR (polymerase chain reaction) atau belum. "Jika sudah hasilnya apa. Jika negatif silakan masuk, turun di Bandara Internasional Lombok," katanya.

Mekanisme ini juga akan memudahkan proses selanjutnya, di mana setelah pemeriksaan administrasi selesai, rombongan akan ditempatkan di hotel masing-masing tempat mereka menginap.

"Di hotel pun selanjutnya tetap dilaksanakan pemeriksaan PCR," katanya.

Sebelum hasilnya keluar, mereka ini akan tetap stay di hotel. Ini sudah masuk proses bubble dan seluruh pekerja hotel juga telah dipastikan terbebas dari virus melalui pemeriksaan PCR.

"Hotel tempat tim juga wajib menyiapkan satu lantai untuk melaksanakan karantina apabila dari hasil PCR ternyata ada yang terbukti positif," katanya.

Menurut rencana, kata Hadi, dalam waktu dekat akan ditetapkan empat hotel bagi para official tim maupun pembalap peserta MotoGP Mandalika 2022.

"Saya juga akan mengusulkan kepada BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), Kementerian Kesehatan, Satgas Covid-19 untuk menugaskan tenaga-tenaga khusus yang akan menangani Covid-19 yang ada di Wisma Atlet," kata Hadi. kbc10

Bagikan artikel ini: