Tergiur cuan berlipat, startup lirik bank digital

Minggu, 16 Januari 2022 | 16:58 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Besarnya potensi di industri perbankan khususnya bank digital rupanya membuat sejumlah perusahaan rintisan alias startup melirik bisnis ini.

Koordinator Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Dianta Sebayang menyebut alasan utama para startup masuk ke bisnis bank digital karena banyaknya dana investasi yang masuk.

"Didukung kemampuan likuiditasnya yang sedang tinggi serta akan ada keuntungan ganda, karena uang para startup digunakan untuk investasi," ujarnya seperti dikutip, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Dianta, strategi tersebut sangat efektif. Dengan merambah industri bank, perusahaan rintisan dapat memperoleh keuntungan yang lebih cepat.

Selanjutnya ke depan, menurut Dianta, bank digital akan menjadi pusat ekosistem para startup digital, seperti Gojek yang terintegrasi dengan Bank Jago.

Dia menjelaskan, untuk saat ini kemampuan bank digital sebatas memberikan pelayanan berbasis B2C. Adapun layanan B2B masih dikuasai oleh bank konvensional.

"Untuk itu beberapa bank konvensional sudah mulai meluncurkan layanan dan aplikasi bank digital untuk bersaing," ujarnya.

Dikutip dari laporan bertajuk, The Rise of Digital Banking in Indonesia 2021 yang diterbitkan oleh DS Innovate, Gojek melalui PT Dompet Karya Anak Bangsa (GoPay) menjadi investor strategis dengan kepemilikan 22,16 persen.

Saat ini aplikasi Bank Jago telah diunduh sebanyak 1 juta kali di Google Plystore dan App Store. Adapun aset yang dimiliki Bank Jago tercatat sebesar Rp10,9 triliun.

Untuk diketahui, Bank Jago dan Gojek melakukan tahap awal integrasi pembayaran pada Juli 2021. Integrasi layanan tersebut meliputi menghubungkan Kantong Jago dengan Gojek, membayar Gojek melalui Kantong Jago, dan bebas biaya pengisian dan penarikan dana di Gopay melalui Bank Jago.

Ke depannya, perseroan akan memperbanyak integrasi pembayaran dan pengelolaan keuangan dari keduanya antara lain mendata profil nasabah Gopay dan Jago di satu alur yang nyaman, kemudian membayar dari Kantong Jago di semua merchant melalui GoPay. kbc10

Bagikan artikel ini: