Peduli bencana, seluruh hasil penjualan tiket GIIAS Surabaya 2021 disumbangkan ke korban erupsi Semeru

Kamis, 9 Desember 2021 | 18:28 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur telah menelan puluhan korban jiwa, hingga merusak ribuan rumah penduduk. Berbagai pihak pun turut prihatin dan berlomba-lomba mengulurkan bantuan guna meringankan beban para korban dan keluarganya.

Gelaran GIIAS Surabaya 2021 yang berlangsung pada 8-12 Desember 2021 pun ikut peduli terhadap bencana yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) tersebut.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi mengatakan, bahwa pihaknya menaruh kesedihan, keprihatinan dan berbelasungkawa atas tragedinya bencana alam erupsi Gunung Semeru yang menelan korban jiwa.

"Gaikindo atas nama industri otomotif Indonesia mendeklarasikan akan menyerahkan seluruh hasil penjualan tiket pada pameran GIIAS Surabaya 2021, untuk korban bencana erupsi gunung Semeru, Kami harap dapat sedkit meringankan penderitaan para korban dan dapat mempercepat pengembalian kondisi normal masyarakat sekitarnya," katanya di sela opening ceremony GIIAS Surabaya 2021, Kamis (9/12/2021).

GIIAS Surabaya 2021 sendiri hari ini resmi dibuka. Hadir Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi Gubernur Jawa Timur yang diwakili Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono dan Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, Dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier.

Mengusung konsep Autovaganza GIIAS Surabaya 2021 akan mengangkat kemajuan otomotif terkini lewat kehadiran berbagai varian kendaraan baru, kendaraan berbasis listrik hingga kendaraan konsep yang dipamerkan para peserta.

Yohannes Nangoi mengungkapkan bahwa dalam penyelenggaraan GIIAS Surabaya tahun ini, berbagai inovasi terkini dari industri otomotif, lewat berbagai kendaraan terbaru, kendaraan konsep serta kendaraan listrik, dimana sejalan dengan arahan pemerintah untuk mendorong green mobility, dan terus menciptakan lingkungan yang bersih dengan kendaraan emisi rendah atau bahkan tanpa gas buang.

"Kehadiran teknologi terkini dari kendaraan berbasis listrik diharapkan dapat menjadi pilar pendukung tercapainya konsep green mobility tersebut,” jelas Nangoi.

Menurutnya kehadiran kendaraan-kendaraan tersebut membuktikan pencapaian industri otomotif Indonesia.

Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, dalam sambutan resminya menyampaikan bahwa sektor otomotif merupakan salah satu mesin penggerak ekonomi nasional maupun regional. Dan bahwa penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2021 merupakan salah satu sarana edukasi kepada masyarakat Jawa Timur.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita mengakui, GIIAS 2021 memiliki peran strategis untuk kebangkitan sektor industri otomotif nasional pasca pandemi Covid-19. Selain itu menurut Menteri Perindustrian, hadirnya GIIAS juga sebagai sebuah momentum Indonesia untuk dapat beralih menggunakan transportasi yang rendah emisi karbon dan ramah lingkungan. Dan menurutnya, penyelenggaraan GIIAS di Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta dan peran strategisnya sebagai hub atau pusat jalur perdagangan kawasan Indonesia timur di yakini akan menjadi magnet bagi masyarakat.

GIIAS Surabaya menghadirkan berbagai produk dan teknologi pilihan dari puluhan merek kendaraan; Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling, serta industri pendukung otomotif seperti Honda Motor, Benelli serta Llumar dan CPF1. GIIAS Surabaya 2021 juga mendapatkan dukungan penuh dari Astra Financial Logistic sebagai sponsor, serta OLX Autos sebagai official trade in partner. kbc7

Bagikan artikel ini: