SIG kucurkan bantuan bahan makanan dan perlengkapan untuk korban APG Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 22:58 WIB ET

Surabaya, kabarbisnis: PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program SIG Peduli menyalurkan bantuan bahan makanan dan perlengkapan senilai Rp100 juta untuk korban Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang. 

Bantuan makanan terdiri dari 4 ton beras, 190 box mie instan, 480 liter minyak goreng, 280 kg gula, sedangkan perlengkapan terdiri dari 300 selimut, 50 item terpal serta 50 item jas hujan. Bantuan diserahkan kepada Kepala Sub Bidang Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Lusiyanti di Pendopo Aria Wiraraja pada hari Senin (6/12) dan Selasa (7/12).

General Manager of CSR SIG, Edy Saraya mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian SIG untuk penanganan bencana erupsi Gunung Semeru pada masa tanggap darurat. Penyaluran bantuan kepada korban APG Gunung Semeru ini merupakan prioritas utama Perusahaan.

"Dalam penyaluran bantuan, SIG bekerjasa sama dengan Satgas Kementerian BUMN Jawa Timur dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang. Kerja sama ini diharapkan dapat mengoptimalkan penyerahan bantuan agar dapat tersebar merata ke seluruh wilayah terdampak," kata Edy Saraya, Selasa (7/12/2021).

Dampak bencana ini cukup besar, lanjut Edy, menyebabkan banyak warga menjadi korban, karenanya SIG langsung bergerak menyalurkan bantuan yang paling dibutuhkan, utamanya bahan makanan dan perlengkapan tidur. "Kami turut prihatin atas bencana yang menimpa semoga dengan adanya bantuan ini dapat bermanfaat untuk meringankan beban para korban," ujar Edy Saraya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Lusiyanti menyampaikan terima kasih dengan adanya bantuan dari SIG. Kebutuhan makanan, selimut, jas hujan dan terpal saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Bantuan SIG akan kami maksimalkan dalam pendistribusiannya agar diterima dengan merata, terutama bagi pengungsi yang berada di Kecamatan Pasirian dan Candipuro. Semoga bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan mereka selama dalam masa pengungsian," ujar Lusiyanti.

Bagikan artikel ini: