Kementerian PUPR gerak cepat kirim Sapras sanitasi ke daerah terdampak erupsi Semeru

Senin, 6 Desember 2021 | 08:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bergerak cepat mengirim sarana dan prasarana tanggap darurat bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Hal itu sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, dalam masa tanggap darurat, yang paling penting adalah ketersediaan prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi. Hal itu untuk keperluan sehari-hari bagi para korban dan pengungsi.

"Upaya tanggap darurat dilakukan dengan mengerahkan sumber daya dan personel di lapangan," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (6/12/2021).

Langkah tanggap darurat juga dilakukan untuk memulihkan konektivitas dengan mengerahkan 3 unit loader, 1 unit grader, 4 unit excavator, 1 unit dozer, 4 unit dump truck, dan 1 unit water tank kapasitas 5.000 liter.

Selain itu, telah disalurkan sarana dan prasarana air bersih dan sanitasi bagi pengungsi dan masyarakat terdampak. Bantuan itu, mencakup 10 unit Hidran Umum (HU) kapasitas 2.000 liter, 4 unit Mobil Tangki Air (MTA) kapasitas 4.000 liter, 6 unit tenda hunian darurat, 1 mobil toilet, dan dukungan 10 personel tanggap darurat.kbc11

Bagikan artikel ini: