Emdeki yakin kinerja ekspor 2021 bakal tembus 5.700 ton

Selasa, 30 November 2021 | 22:20 WIB ET

GRESIK, kabarbisnis.com: PT Emdeki Utama Tbk (MDKI), produsen Kalsium Karbida atau karbit hingga kuartal III tahun 2021 telah berhasil membukukan peningkatan kinerja ekspor. Tercatat sampai Q3 2021 sudah mencapai 4.446 ton, jauh lebih tinggi dari capaian penjualan ekspor tahun 2020 sebesar 2.322 ton. Bahkan optimistis akan tercapai 5.700 ton pada akhir tahun.

Chakravarthi Kilambi, Direktur Independen Emdeki, menjelaskan upaya ekspor dilakukan karena permintaan dalam negeri turun akibat pandemi.

“Emdeki optimistis kinerja ekspor tahun ini jauh melebihi tahun lalu sebesar 5.700 ton. Dimana hingga Q3 tahun ini sudah mencapai 4.446 ton. Tujuan ekspor kami ke Negara India,” kata Kilambi seusai Paparan Publik, Senin, (29/11/2021).

Kinerja total penjualan, lanjutnya, sampai akhir tahun optimis tercapai 23.690 ton atau naik 13% dibandingkan tahun lalu.

Sedangkan laba tahun ini diperkirakan turun sekitar 10% akibat adanya kenaikan luar biasa dari biaya kontainer dan bahan baku. Kenaikan biaya itu diluar dugaan manajemen. Di sisi lain, Emdeki telah terikat kontrak , sehingga tidak dapat menaikkan harga jualnya. 2 hal itulah yang menggerus laba tahun ini.

Direktur Emdeki, Vincent Secapramana mengatakan, walaupun proyeksi labanya turun, manajemen Emdeki tetap membayar dividen kepada para pemegang saham untuk tahun buku 2021. Bahkan yield yang diterima pemegang saham, masih diatas bunga bank.

Untuk pembayaran dividen kita tetap lakukan meskipun tidak sebesar tahun lalu sebesar Rp 12 per lembar saham. Tapi yang pasti, yield-nya diatas bunga bank,” ujar Vincent.

Beberapa rencana pengembangan usaha perseroan menjadi tertunda akibat ketidakpastian perdagangan global di tengah kondisi pandemi. Adapun rencana pengembangan usaha tersebut adalah upaya diversifikai usaha dengan memproduksi Carbide Desulphuriser dan High Grade Ferro Silica yang digunakan oleh industri baja.

Bagikan artikel ini: