WHO ingatkan varian Omicron berisiko tinggi secara global

Selasa, 30 November 2021 | 09:14 WIB ET

JENEWA, kabarbisnis.com: Varian Omicron kemungkinan akan menyebar secara internasional, menimbulkan risiko global "sangat tinggi" di mana lonjakan Covid-19 bisa memiliki "konsekuensi parah" di beberapa daerah, demikian dikutip WHO pada Senin (29/11/2021).

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, dalam saran teknis untuk 194 negara anggotanya, mendesak mereka untuk mempercepat vaksinasi kelompok prioritas tinggi dan untuk "memastikan rencana mitigasi ada" untuk mempertahankan layanan kesehatan penting.

"Omicron memiliki jumlah mutasi lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, beberapa di antaranya mengkhawatirkan dampak potensialnya pada lintasan pandemi," kata WHO, seperti dikutip Reuters.

"Risiko global secara keseluruhan terkait dengan varian baru yang menjadi perhatian Omicron dinilai sangat tinggi," sebut WHO.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami potensi varian Omicron untuk lolos dari perlindungan terhadap kekebalan yang disebabkan oleh vaksin dan infeksi sebelumnya.

WHO menambahkan, lebih banyak data akan keluar dalam beberapa minggu mendatang. "Kasus dan infeksi Covid-19 diperkirakan terjadi pada orang yang divaksinasi, meskipun dalam proporsi yang kecil dan bisa diprediksi," tambahnya. kbc10

Bagikan artikel ini: