Lunasi cicilan kredit lebih cepat, menguntungkan atau merugikan?

Jum'at, 26 November 2021 | 11:29 WIB ET

KONDISI finansial yang terbebas dari utang dan cicilan sudah pasti akan membuat hidup lebih nyaman. Tidak ada tanggungan finansial, beban pikiran di akhir bulan lebih renggang, serta penghasilan bisa digunakan sesuka hati, itulah beberapa hal yang dirasakan oleh orang tanpa beban utang.

Namun, karena desakan kebutuhan dan masalah keuangan, tak sedikit orang juga yang harus pinjaman online langsung cair bermodal KTP atau bank. Kalau sudah berada dalam kondisi tersebut, mereka tentu ingin segera melunasi utang dengan membayar cicilan lebih awal.

Namun, tahukah Anda jika lebih cepat melunasi utang tidak selalu memberi dampak positif bagi peminjam? Bahkan, tergantung dari kebijakan dari aktivitas pinjaman yang dilakukannya, hal tersebut malah mampu menimbulkan beban tambahan bagi keuangan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk melunasi cicilan lebih awal, simak sederet keuntungan dan kerugiannya berikut ini.

Keuntungan Melunasi Utang Lebih Cepat

- Menghemat pengeluaran serta ringankan beban bunga

Bunga adalah beban tersendiri pada aktivitas pinjaman di luar kredit pokok yang wajib dilunasi. Karena adanya bunga, tak sedikit orang menganggap bahwa melunasi utang dengan limit tertentu lebih awal semakin menguntungkan. Alasannya karena beban bunganya menjadi lebih ringan dan tidak berlama-lama menjadi tanggungan peminjam.

- Bisa segera penuhi kebutuhan tanpa hambatan

Saat memiliki cicilan, penghasilan bulanan pasti akan terpangkas untuk melunasinya. Terkadang, keuangan juga terasa dikekang dan harus menahan dulu keinginan. Bahkan, tak jarang karena harus membayar utang, gaya hidup harus ditekan sedemikian rupa agar keuangan tetap mampu menjangkaunya.

Karena alasan ini, banyak orang yang bersikeras untuk melunasi beban utang lebih cepat. Sesuai peribahasa, berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian, Anda terdorong memfokuskan keuangan untuk melunasi cicilan. Baru setelah berhasil dilunasi, keuangan bisa dengan bebas digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan yang selama ini tertunda.

- Memberikan rasa nyaman dan lega

Keuntungan terakhir adalah rasa nyaman, lega, dan kebebasan secara finansial yang dirasakan oleh debitur. Khususnya bagi Anda yang merasa memiliki utang sebagai beban dan tanggungan yang menyiksa, lekas melunasinya dapat membuat hidup lebih menyenangkan untuk dijalani.

Bayang-bayang harus melunasi utang di akhir bulan yang membuat pikiran tertekan bisa segera dihilangkan. Dalam kata lain, melunasi utang lebih cepat bisa memberikan ruang bagi psikologi ataupun finansial agar lebih longgar dan tidak menjadi pemicu stres.

Kerugian Melunasi Utang Lebih Cepat

- Harus bayar bunga yang telah ditetapkan

Kerugian melunasi utang dengan lebih cepat yang pertama adalah saat Anda mengajukan pinjaman dengan sistem bunga anuitas. Dengan sistem tersebut, walaupun masih berada pada awal pinjaman, nasabah tetap harus membayar seluruh bunga yang harus dilunasi.

Sayangnya pula, hampir semua jenis pinjaman menerapkan sistem bunga seperti ini, di mana sebagian besar beban bunga dibayar di awal, dan sebagian pokok pinjaman dibayar di akhir masa kreditnya. Saat pinjaman menerapkan sistem bunga ini, membayar cicilan lebih awal tidak akan memberikan keuntungan apa pun karena beban pokoknya sama-sama tingginya.

- Dana darurat bisa tergerus buat lunasi utang

Terkadang, debitur tidak memperhatikan pos keuangan mana yang diambil untuk melunasi cicilan lebih cepat. Jika bukan dari penghasilan utama, tak jarang pelunasan utang dilakukan dengan cara mengambil uang yang tersimpan di dana darurat atau tabungan penting lainnya.

Saat melakukan hal ini, tentu saja keuangan akan lebih terekspos pada risiko masalah finansial yang pelik. Jika tiba-tiba muncul kebutuhan mendesak, dana darurat jadi tak mampu lagi mengatasinya dengan optimal.

Alhasil, lagi-lagi Anda harus mengajukan pinjaman untuk menyiasati masalah tersebut. Kalau sudah begitu, melunasi utang lebih cepat jadi terasa percuma, bukan?

- Skor kredit tak terbangun secara optimal

Sering tak disadari, menjadi nasabah sebuah layanan pinjaman merupakan sarana untuk membangun skor kredit. Jika rutin membayar cicilannya tepat waktu, lama kelamaan rekam kredit akan menjadi positif dan mampu menjadi fondasi yang memudahkan pengajuan pinjaman di masa depan. 

Ketika memutuskan untuk melunasi utang lebih cepat, Anda jadi kehilangan kesempatan untuk membangun skor kredit.

Berdasarkan fakta di atas, melunasi cicilan lebih cepat bisa memberikan keuntungan dan kerugian kepada nasabah. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman dan penyesuaian agar hal tersebut tidak berimbas buruk bagi keuangan, kehidupan, ataupun kondisi psikologi Anda. Namun, terlepas dari penjelasan di atas, melunasi utang lebih cepat atau tidak harus Anda putuskan sendiri. kbc10

Bagikan artikel ini: