Transformasi digital, PTPN XI awali penerapan sertifikat elektronik

Kamis, 25 November 2021 | 09:06 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Salah satu bentuk komitmen transformasi digital PTPN XI diwujudkan melalui penandatanganan kerjasama pemanfaatan sertifikat elektronik pada sistem elektronik dengan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara di Kantor Pusat PTPN XI Surabaya Rabu (24/11/2021).

"Kami sedang melakukan transformasi digital diantaranya migrasi ke ERP SAP tahun 2016 hingga penerapan aplikasi Nusantara Online Sistem. Kedepan dengan konsep paperless kami harapkan keamanan data, dan untuk menjamin keamanan Sistem Elektronik tersebut diperlukan layanan keamanan dengan menggunakan Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara. PTPN XI menjadi Pioneer penerapan sertifikat elektronik dilingkungan PTPN Group," terang R Tulus Panduwidjaja Direktur PTPN XI.

Hal tersebut mendapat dukungan dari Komisaris Utama PTPN XI Osmar Tanjung. Menurut Osmar sudah saatnya PTPN XI melakukan tranformasi digital di era saat ini dan mengambil langkah untuk menjamin keamanan sistem elektronik.

"Dewan Komisaris memberikan apresiasi terhadap langkah besar manajemen yang menggandeng BSSN. Transformasi digital saat ini bukan lagi pilihan tetapi sudah menjadi kebutuhan korporasi. Disisi lain penerapan sistem elektronik yang aman di lingkungan PTPN XI dalam mewujudkan penyelenggaraan pengelolaan perusahaan yang baik juga menjadi prioritas utama," ungkap Osmar Tanjung.

Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara yang mempunyai tugas melaksanakan pelayanan sertifikasi elektronik, pengelolaan sistem sertifikasi elektronik, dan pemenuhan teknis sistem sertifikasi elektronik.

"Kami menyambut baik atas inisiasi PTPN XI melakukan transformasi digital, artinya gayung bersambut dengan program BSSN. Kami berharap semoga penerapan sertifikat elektronik ini membantu kinerja PTPN XI dalam transformasi digital. Pelaksanaan sertifikat elektronik efektifitas nya tergantung pimpinan, dan bila sudah menjadi budaya maka akan secara masif digunakan seluruh jajaran," terang Kepala Biro Hukum & Komunikasi Publik BSSN Christyanto Noviantoro.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh R. Tulus Panduwidjaja Direktur PTPN XI dan Jonathan Gerhard Tarigan Kepala Balai Sertifikasi Elektronik BSrE.kbc6

Bagikan artikel ini: