Jasa Marga beri bantuan Rp1 miliar untuk UMK terdampak pandemi di rest area tol Solo-Ngawi

Kamis, 28 Oktober 2021 | 08:47 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 ikut memberikan dampak pada pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) akibat daya beli masyarakat menurun. Untuk itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai perusahaan yang bergerak di industri jalan tol tentu tidak bisa terlepas dari para pelaku usaha UMK ini, baik yang menggantungkan usahanya pada keberadaan ruas-ruas jalan tol dari Jasa Marga Group, maupun yang secara langsung menjadi mitra Jasa Marga sebagai tenant rest area yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business (JMRB).

Untuk meringankan dampak pandemi yang dirasakan oleh pelaku usaha UMK di rest area serta dengan menerapkan prinsip Creating Shared Value (CSV), Jasa Marga memberikan bantuan dana dengan total sebesar Rp 1 miliar untuk UMK di Rest Area Km 575A Jalan Tol Solo-Ngawi.

Dengan prinsip CSV, Jasa Marga berkomitmen berkontribusi pada kehidupan masyarakat untuk menciptakan manfaat bersama dan pada saat yang sama juga memastikan keberlanjutan bisnis Perusahaan.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, Jasa Marga mengapresiasi keberadaan para mitra UMK ini karena selain menjadi bagian dari roda penggerak ekonomi, UMK juga membantu menyerap banyak tenaga kerja di Indonesia, sehingga apabila dampak pandemi sampai membuat UMK harus gulung tikar tentu efeknya akan sangat berat bagi orang-orang yang menggantungkan hidupnya dari keberadaan UMK tersebut.

"Kami juga memahami dengan adanya penurunan jumlah lalu lintas harian di jalan tol Jasa Marga Group, terutama saat diberlakukannya pembatasan transportasi, tentu berdampak bagi para pelaku UMK di rest area. Dengan alasan inilah kami berharap dengan bantuan diberikan ini setidaknya dapat meringankan pelaku UMK di rest area dalam membayar sewa tenant dan pinjaman pendanaan. Manfaat ini juga akan dirasakan oleh pengguna jalan karena para tenant UMK tetap dapat melayani pengguna jalan yang singgah di rest area dengan berbagai pilihan makanan dan minuman hingga oleh-oleh yang dijual oleh mereka," ujar Heru dalam siaran pers, Rabu (27/10/2021).

Heru juga menambahkan, bantuan untuk tenant UMK di Rest Area Km 575A Jalan Tol Solo-Ngawi terbagi menjadi beberapa bentuk bantuan. Total sebesar Rp 614.304.000 diberikan dalam bantuan pembayaran sewa tenant, selanjutnya sebesar Rp 305.000.000 untuk pinjaman pendanaan UMK, dan sisanya digunakan untuk bantuan sarana prasarana Rest Area Km 575A. Semua bantuan diberikan langsung ke para pelaku UMK yang telah mengajukan dan telah terpilih sebagai penerima dana bantuan pendanaan UMK tersebut.

Selain memberikan bantuan dari program CSV ini Jasa Marga juga terus berkomitmen menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan selama pandemi Covid-19, seperti menyalurkan bantuan alat kesehatan, tabung oksigen dan obat-obatan, ke Pemerintah Kota Bandung, Bogor dan Tangerang.

Selain itu sepanjang tahun 2021 Jasa Marga Group telah memberikan bantuan tanggung jawab sosial dan lingkungan senilai Rp 10 miliar, serta melakukan berbagai program penanggulangan dan pencegahan Covid-19 baik untuk internal, maupun komunitas di sekitar perusahaan senilai Rp 6 miliar. kbc7

Bagikan artikel ini: