Hyundai siap produksi mobil listrik 1.000 unit di RI pada 2022

Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:57 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pabrik Hyundai di Kerawang, Jawa Barat bakal mulai memproduksi mobil listrik pada Maret 2022, menurut pernyataan Kementerian Perindustrian, Senin (26/10/2021). Pada tahap awal Hyundai disebut akan memproduksi 1.000 unit mobil listrik per tahun.

Hyundai telah mendirikan pabrik di GIIC Deltamas Cikarang, Bekasi, Jawa Barat yang pembangunannya sudah dilakukan sejak tahun lalu. Pabrik ini adalah salah satu wujud komitmen investasi Hyundai Motor Company sebesar US$1,55 miliar yang akan dikucurkan hingga 2030.

Pabrik perakitan kendaraan itu memiliki kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun, namun bisa ditingkatkan jika dibutuhkan. Hyundai dan pemerintah sudah berulang kali mengatakan mobil listrik dari pabrik itu bakal lahir pada Maret 2022, namun baru kini diketahui jumlahnya sebanyak 1.000 unit per tahun yang berarti kurang dari 1 persen kapasitas total produksi.

"Produksi kendaraan listrik ini tentunya menjadi showcase kapabilitas industri otomotif Indonesia yang juga bergerak ke arah industri yang ramah lingkungan, sekaligus memberi pesan kepada dunia internasional bahwa Indonesia siap menjadi hub ekspor utama bagi kendaraan listrik di ASEAN dan wilayah sekitarnya," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Sejauh ini Hyundai belum mengungkap model mobil listrik yang akan diproduksi di Indonesia. Dua model mobil listrik, Ioniq EV dan Kona EV, yang saat ini dijual di dalam negeri merupakan produk impor dari Korea Selatan.Pabrik perakitan kendaraan itu memiliki kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun, namun bisa ditingkatkan jika dibutuhkan.

Sejauh ini Hyundai belum mengungkap model mobil listrik yang akan diproduksi di Indonesia. Dua model mobil listrik, Ioniq EV dan Kona EV, yang saat ini dijual di dalam negeri merupakan produk impor dari Korea Selatan.kbc11

Bagikan artikel ini: