Dorong industri kreatif bangkit di tengah pandemi, LaSalle College Surabaya gelar Hybrid Creative Show

Jum'at, 22 Oktober 2021 | 09:08 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan manusia, termasuk dunia industri kreatif. Pembatasan sosial membuat sektor ini tak bisa maksimal dalam berkreasi dan mengembangkan diri.

Tak ingin terus berkutat dalam kekhawatiran karena pandemi, LaSalle College mencoba membangkitkan semangat anak didiknya agar tetap berkarya. Salah satunya lewat graduation (kelulusan) hybrid creative show yang dilaksanakan secara online maupun offline. Tema yang diangkat adalah Unification yang menyuarakan persistensi dari semangat LaSalle College Surabaya.

Dalam setiap wisuda, LaSalle College Surabaya memang selalu menampilkan tema menarik yang telah dieksplorasi dan dipoles dengan cermat. Termasuk pada tahun 2021 ini meski sedang dilanda pandemi.

Direktur LaSalle College, Bonatua Napitu menuturkan, Unification adalah proses menyatukan atau menjadi satu kesatuan, juga merupakan adaptasi & inspirasi dari sudut pandang orang-orang yang terkait dengan banyak aspek kehidupan selama masa dan situasi yang sulit ini.

"Kami mengangkat tema Unification ini, untuk menanamkan kepada para lulusannya untuk dapat terus berkarya, dengan melakukan terobosan-terobosan yang baru dan aktif melakukan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri. Saatnya kita bersiap, menghadapi banyak kemungkinan baru, berdiri bersama dan saling mendukung. Saatnya kita bersatu dan berjuang untuk masa depan yang lebih baik," jelasnya pada acara Hybrid Creative Show di Surabaya, Kamis (21/10/2021).

Fashion Lecture LaSalle College Surabaya, Patrick SML menambahkan, graduation ini diikuti 69 siswa dari program fashion design, fashion business, graphic design, interior design, dan artistic make up. Mereka menampilkan karya yang diselesaikan dalam waktu hampir 4 bulan lamanya.

"Pembelajaran di masa pandemi itu kan tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Itu jadi kendala tersendiri, misalnya jaringan internet yang bermasalah sampai rasa malas dari anak-anak itu sendiri karena tidak bisa konsultasi langsung. Tapi kita bisa menyelesaikannya tepat waktu. Luar biasa semangat mereka," jelasnya.

Dikatakan Patrick, tema Unification muncul dari masalah yang dihadapi anak didiknya ketika harus menjalani pembelajaran online, namun tetap berjuang untuk dapat menyelesaikan karyanya.

"Design itu kan tidak lepas dari perubahan, dan tema Unification ini sangat pas untuk menggambarkan perubahan itu. Kami ingin menanamkan kepada anak-anak untuk terus dapat berkarya dengan melakukan terobosan yang baru dan aktif melakukan kolaborasi dengan dunia usaha maupun dunia industri. Saatnya kita bersatu untuk masa depan yang lebih baik, tidak terus terpuruk karena pandemi," tegasnya.

Online Graduation Show and Exhibition dilakukan dengan format video tapping, dengan koordinasi dan kolaborasi antara semua pihak terkait dengan semua lulusan dari Program Fashion Design, Fashion Business, Graphic Design, Interior Design dan Artistic Make up, dengan segala tantangan teknis untuk tetap menjalankan show dengan menjaga protokol kesehatan. Hasil karya tersebut dapat dinikmati oleh publik melalui akun youtube LaSalle Indonesia.

"LaSalle College Surabaya sebagai kampus design internasional tetap berkomitmen untuk dapat memfasilitasi dan mensupport siswa/siswi lulusannya untuk tetap kreatif dalam berkarya dan tetap dapat memamerkan karya-karya mereka kepada publik," ujar Patrick. kbc7

Bagikan artikel ini: