Pengelola mal minta arena bermain anak boleh buka

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:21 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di wilayah Jawa-Bali pada 1-18 Oktober 2021.

Meski PPKM level masih diberlakukan, BPS mencatat bahwa aktivitas penduduk di tempat belanja dan kebutuhan sehari-hari sudah pulih, bahkan meningkat pada September 2021.

Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus mengatakan bahwa pemerintah diharapkan bisa memberikan pelonggaran jika PPKM diperpanjang salah satunya, mengizinkan anak-anak berusia kurang dari 12 masuk ke mal di beberapa wilayah Indonesia yang masih belum memperbolehkan.

Selanjutnya, Alphonzus juga mengharapkan tempat bermain anak-anak dan tempat hiburan di pusat perbelanjaan diperbolehkan untuk kembali beroperasi.

"Waktu makan di tempat (dinei-in) tidak perlu dibatasi lagi (sekarang maksimal 60 menit)," ungkap Alphonzus, akhir pekan lalu.

"Pelonggaran kegiatan di perkantoran karena mempengaruhi tingkat kunjungan ke Pusat Perbelanjaan, khusunya bagi Pusat Perbelanjaan yang berlokasi di area perkantoran," imbuhnya.

Sementara itu seiring adanya beberapa pelonggaran operasional mal selama PPKM, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan mulai berangsur membaik. Salah satunya didorong oleh kebijakan diizinkannya anak-anak berusia di bawah 12 tahun masuk ke pusat perbelanjaan.

Sebelum adanya pelonggaran, rata-rata tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan sekitar 20% dari kondisi normal sebelum pandemi. Saat ini tingkat kunjungannya sudah mencapai 35% hingga 40%.

"Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan naik secara perlahan dan bertahap serta trennya terus membaik. Sampai dengan akhir pekan kemarin, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan sekitar 35% sampai 40% (dari kondisi normal sebelum pandemi)," kata Alphonzus. kbc10

Bagikan artikel ini: