Merger Pelindo siap bawa pelabuhan RI berkelas dunia   

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 12:23 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Merger Pelindo secara resmi telah terlaksana seiring dengan ditandatanganinya Akta Penggabungan empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Layanan Jasa Pelabuhan, yaitu Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia I, Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia III, dan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero).

Penandatanganan Akta Penggabungan dilakukan oleh Direktur Utama Pelindo I Prasetyo, Direktur Utama Pelindo II, Arif Suhartono, Direktur Utama Pelindo III, Boy Robyanto, dan Direktur Pelindo IV, Prasetyadi pada Jumat (1/10/2021).  Penandatanganan disaksikan secara daring Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan merger ini menjadi momen penting dan bersejarah bagi pengelolaan BUMN kepelabuhanan.

Pasalnya merger ini dinilai sebagai langkah penting dalam rangka peningkatan value creation bagi BUMN Pelabuhan. Inisiatif ini memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kepelabuhanan nasional.

Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa ke depan agar manfaat dari merger ini dapat segera terealisasi.

Setelah ini Pelindo dapat fokus agar keempat subholding dibawah Pelindo dapat segera efektif dan dioperasikan secara optimal. "Semoga terwujudnya legal merger Pelindo memberikan optimisme kepada masyarakat Indonesia, bahwa kepelabuhanan nasional akan terus tumbuh dan pada akhirnya dapat bersaing dengan pemain besar pelabuhan dunia," jelas Tiko, sapaan akrabnya.

Merger Pelindo membuka kesempatan perusahaan untuk go global. Integrasi ini akan meningkatkan posisi Pelindo menjadi operator terminal peti kemas terbesar ke-8 di dunia dengan total throughput peti kemas sebesar 16,7 juta TEUs (twenty foot equivalent units). Penggabungan ini juga menyatukan sumber daya keuangan, peningkatan leverage dan memperkuat permodalan perusahaan.

Hasil Merger Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan setelah penandatanganan Akta, Kementerian BUMN selaku pemegang saham menyepakati jajaran Komisaris dan Direksi PT Pelindo (Persero). Berikut adalah daftar nama-nama jajaran Komisaris dan Direksi PT Pelindo (Persero): Komisaris Independen (Plt Komisaris Utama): Marsetio Komisaris Independen: Irma Suryani Chaniago Komisaris Independen: Heru Sukanto Komisaris: Antonius Ranier Haryanto Komisaris: R. Agus H. Purnomo Komisaris: Didi Sumedi Komisaris: Sudung Situmorang.

Untuk posisi direksi, Direktur Utama: Arif Suhartono Wakil Direktur Utama: Hambra Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko: Mega Satria Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum: Ihsanuddin Usman Direktur Strategi: Prasetyo Direktur Investasi: Boy Robyanto Direktur Pengelola: Putut Sri Muljanto.kbc11

Bagikan artikel ini: