Pemerintah klaim telah kucurkan KUR hampir Rp190 triliun

Sabtu, 25 September 2021 | 13:25 WIB ET

KLATEN, kabarbisnis.com: Pemerintah mengklaim telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) hampir mencapai Rp 190 triliun. Jumlah dana sebesar itu baru sebagian dari target akhir tahun.

"KUR itu sudah kita salurkan mendekati Rp 190 triliun sampai bulan ini. Targetnya sampai akhir tahun sebesar Rp 285 triliun," ungkap Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto pada wartawan usai mengunjungi kegiatan smart farming di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jumat (24/9/2021).

Dijelaskan Airlangga, dari hasil kunjungan dan dialog dengan UKMK pengajuan KUR hanya tiga hari. Selama UKMK track recordnya jelas tidak masalah.

"Ada pengajuan KUR tiga hari, tidak masalah asal track recordnya jelas. Dan pemerintah akan terus memberikan pendampingan," lanjut Airlangga.

Menurut Airlangga, terkait dengan KUR pertanian pembayaran cicilannya bisa setelah panen. Apabila ada risiko gagal panen juga sudah ada asuransi.

"Terkait dengan pertanian bisa bayar panen dan kalau ada risiko ditanggung asuransi. Kalaupun ada risiko bisa untuk melanjutkan lagi asal bisnisnya jelas," terang Airlangga.

Wakil bupati Klaten Yoga Hardaya ditemui di usai acara mengatakan dari hasil kunjungan dan dialog didapat keterangan BNI akan memberikan kemudahan. Termasuk ada asuransi bagi petani.

"Terkait KUR dari BNI akan dipermudah. Dan petani tadi disampaikan akan ada asuransi, ada perlindungan bagi petani yang mendapat pinjaman," sebut Yoga Hardaya.

Kemudahan itu menurut Yoga, berupa keringanan pembayaran setelah panen. Hal itu sebagai bentuk perlindungan bagi petani.

"Jadi itu perlindungan bagi petani yang mendapat KUR dengan pembayaran setelah panen. Ini yang akan semakin mendorong kemajuan," kata Yoga.

Pada kunjungan ke Klaten, Airlangga didampingi menteri perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, anggota DPR RI partai Golkar, wakil bupati dan lainnya. Airlangga mencoba tanam dengan mesin, berdialog dengan petani dan UMKM. kbc10

Bagikan artikel ini: