Demi kenyamanan, HIN pastikan seluruh unit hotel terapkan aplikasi PeduliLindungi

Jum'at, 24 September 2021 | 09:02 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN, memastikan telah menerapkan aplikasi PeduliLindungi di seluruh unit hotel dan anak usaha yang beroperasi di berbagai kota dan destinasi wisata utama Indonesia.

Direktur Utama HIN, Iswandi Said mengatakan, hal tersebut dilakukan sejalan dengan langkah pemulihan yang dilaksanakan dalam memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para tamu dan pengunjung.

Seperti diketahui, sesuai ketentuan yang ditetapkan pemerintah, aplikasi PeduliLindungi saat ini menjadi persyaratan bagi tamu atau pengunjung yang akan memasuki berbagai tempat dan sarana publik, termasuk hotel.

Melalui kolaborasi yang dilaksanakan dengan Kementerian Kesehatan dan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), HIN telah menerapkan aplikasi PeduliLindungi di berbagai unit hotel dan anak usahanya.

Diantaranya Merusaka, Grand Inna Kuta, Grand Inna Bali Beach, Inna Bali Beach Garden, Inna Bali Beach Resort, Inna Sindhu Beach Hotel & Resort, Inna Bali Heritage Hotel, Grand Inna Malioboro, Inna Tretes, dan Grand Inna Tunjungan.

"Sebagai pelaku industri kami menyambut baik langkah serta upaya pemulihan yang saat ini terus dilaksanakan, dan kita semua kiranya dapat menjaga momentum sejalan minat dan kepercayaan masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan," kata Iswandi, Kamis (23/9/2021).

"Dengan menerapkan protokol dan prosedur kesehatan yang ketat dan konsisten, kami siap menyambut kedatangan para wisatawan," imbuhnya.

Dalam implementasi PeduliLindungi, setiap tamu dan pengunjung yang akan memasuki area dan kawasan hotel dapat mengakses barcode yang terdapat di berbagai lokasi dan konter check-in, dan petugas hotel akan memastikan persyaratan dokumen kesehatan terpenuhi.

Selain sebagai bagian dari pelaksanaan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19, proses ini juga menghilangkan potensi pemalsuan dokumen kesehatan.

Sehingga, seluruh tamu dan pengunjung yang berada dan melaksanakan kegiatan di hotel akan merasa aman dan nyaman.

Iswandi juga mengatakan, di samping menerapkan aplikasi PeduliLindungi, seluruh hotel dan anak usaha HIN juga menerapkan prosedur dan protokol kesehatan.

Seperti pembatasan jumlah tamu maksimal sebanyak 50 persen dari kapasitas, menerapkan protokol kesehatan CHSE (cleanliness, health, safety, and environmentally friendly), menyiapkan signage (tanda-tanda) berkaitan aspek higienitas.

"Serta menempatkan petugas di berbagai tempat dan lokasi untuk membantu para tamu dan pengunjung," pungkas Iswandi. kbc10

Bagikan artikel ini: