All New Honda BR-V meluncur di Jatim, segini harganya

Rabu, 22 September 2021 | 23:39 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Setelah resmi diluncurkan di Jakarta sekaligus merupakan world premiere alias pertama kalinya di dunia pada Selasa (21/9/2021), All New Honda BR-V resmi diperkenalkan di pasar Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara oleh Honda Surabaya Center (HSC), pada Rabu (22/9/2021).

Dengan resmi diluncurkannya model tersebut, kini masyarakat Jatim, Bali dan Nusa Tenggara sudah bisa memesa mobil 7 penumpang ini.

All New Honda BR-V hadir dengan desain yang jauh lebih menarik dan berbagai teknologi serta fitur terkini yang menjadi pertama di kelasnya.

President Director HSC, Ang Hoey Tiong mengatakan, generasi kedua All New Honda BR-V ini juga akan diproduksi massal secara lokal di Indonesia.

"All New Honda BR-V dikembangkan khusus untuk kebutuhan konsumen di Indonesia. Kami yakin All New Honda BR-V akan memperkuat posisi Honda khususnya di segmen LSUV di Indonesia termasuk di Jatim, Bali dan Nusa Tenggara," katanya dalam Virtual Press Conference Launching All New Honda BR-V, Rabu (22/9/2021).

Dikatakannya, saat ini pihaknya sudah membuka pemesanan All New Honda BR-V kepada konsumen, namun diproyeksi pengiriman kendaraan baru akan dimulai awal Januari 2022 mendatang. "Soal harga masih belum fixed, diperkirakan mulai kisaran Rp 260 jutaan on the road Surabaya," ungkapnya.

Honda BR-V generasi kedua ini hadir dengan tampilan yang benar-benar berbeda dari model sebelumnya. All New BR-V ini dibangun dari konsep New 7 Seater eXcitemen alias Honda N7X Concept yang belum lama dipamerkan di beberapa kota besar di Indonesia.

Bagian eksteriornya menampilkan bentuk bodi yang dinamis dengan garis bodi tegas yang menyatu dari depan hingga belakang. Tampilan fascianya terlihat agresif dan sportu berkat penggunaan desain baru LED Headlamp yang turut dilengkapi LED Daytime Running Light (DRL) yang menyatu dengan grille depan.

Kemudian pada sisi belakangnya mobil ini mengusung desain baru pada Rear Combi Lamp yang dilengkapi dengan LED Light Bars yang menyatu dengan garis bodi. Tampilannya semakin tangguh berkat penggunaan velg 17 inci baru yang lebih agresif.

Masuk ke area kabin, All New Honda BR-V memiliki dimesin kabin yang cukup lapang bagi pengemudi dan penumpang. Lalu terdapat layar Thin-Film Transistor (TFT) berukuran 12 inci pada dasbor yang menampilkan berbagai informasi mobil. Selain itu juga ada panel infotainment dengan layar sentuh 7 inci yang telah dilengkapi smartphone connection dan hands-free telephone.

Sejumlah bagian pada kabin sudah dilapisi kulit seperti pada bagian sandaran tangan, sisi pintu, dan panel dasbor. Kemudian terdapat sandaran tangan baru, kompartemen untuk menaruh botol dan benda-benda kecil, pelindung matahari dengan kaca rias dan lampu, dan kursi baris ketiga yang dapat dilipat hingga 50 per 50.

Dari sektor dapur pacu, All New Honda BR-V menggendong mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang telah diperbaharui. Konfigurasi mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga maksimal 121 Ps di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm di 4.300 rpm. Mesin ini sama dengan yang digunakan pada Honda City Hatchback.

Tidak hanya itu, low SUV terbaru ini turut dibekali sejumlah fitur canggih seperti Remote Engine Start, Walk-Away Auto Lock, serta Honda LaneWatch. Sementara fitur keselamatan yang dihadirkan adalah Honda Sensing yang terdiri dari Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), dan Auto-High Beam.

All New Honda BR-V dipasarkan dalam 4 varian, yakni BR-V S M/T, BR-V E CVT dan M/T, BR-V Prestige CVT, serta BR-V Prestige CVT with Honda Sensing. Kemudian pilihan warnanya ada lima, Premium Opal White Pearl, yang merupakan warna baru, Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl.

Dengan beragam keunggulan yang dibawa, Marketing and After Sales Service Director HSC, Wendy Miharja optimistis All New Honda BR-V akan mampu mendongkrak penjualan Honda di segmen low sport utility vehicle (LSUV).

Dia bilang, kontribusi penjualan Honda BR-V terhadap total penjualan HSC tahun ini memang tidak besar hanya sekitar 2 persen atau hanya 156 unit BR-V model lama, lantaran pabrikan sudah menghentikan produksi model lama atau diler hanya menghabiskan stok yang ada.

"Namun kontribusi penjualan BR-V ini pernah menjadi yang terbesar setelah peluncuran perdananya, dan di 2016 pernah terjual 4.600 unit dalam satu bulan, sehingga kontribusinya pernah mencapai 15,5 persen," jelas Wendy.

Dia menambahkan, meskipun target belum ditetapkan, tetapi tahap awal diharapkan penjualan All New Honda BR-V bisa mencapai 500 unit per bulan.

Adapun total penjualan HSC sepanjang Januari - Agustus 2021 ini telah mencapai 7.535 unit. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 30,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Peningkatan penjualan ini salah satunya didorong oleh kondisi pandemi yang terus melandai, daya beli meningkat, dan aktivitas ekonomi mulai bergerak positif, termasuk adanya stimulus dari pemerintah soal pembebasan PPnBM," jelasnya.

Namun begitu, lanjut Wendy, HSC juga melakukan sedikit revisi terhadap target sampai akhir tahun mengingat adanya pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Level yang berlangsung sejak Juli 2021 lalu.

"PPKM dengan level tertentu memang mempengaruhi kita semua, termasuk penjualan HSC. Dari sisi target memang ada revisi sedikit, tapi kami masih terus berusaha juga untuk memaksimalkan penjualan dari stok yang ada," paparnya.

Bagikan artikel ini: