Pecah telor, K-UKM Expo 2021 raup transaksi Rp1,3 miliar

Senin, 20 September 2021 | 09:09 WIB ET
Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Mas Purnomo Hadi
Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Mas Purnomo Hadi

SURABAYA, kabarbisnis.com: Gelaran K-UKM Expo Hybrid 2021 yang digelar pada 15-19 September 2021 di Atrium Grand City Surabaya berhasil membukukan transaksi Rp 1,315 miliar.

Bahkan, pameran perdana sejak pandemi Covid-19 ini diklaim pecah telor.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim, Mas Purnomo Hadi mengatakan, capaian angka ini di luar target selama lima hari pelaksanaan secara online dan offline demi menjangkau pasar lebih luas serta menjaga protokol kesehatan.

"Kami tidak menyangka dalam pandemi ini. Dari data yang masuk sampai pukul 18.00 WIB tadi telah diperoleh omzet akumulatif baik transaksi langsung maupun tidak langsung sebesar Rp 1.315.838.400 atau Rp 1,315 miliar," katanya pada Closing Ceremony K-UKM Expo 2021, Minggu (19/9/2021) malam.

Sementara untuk jumlah pengunjung, Mas Purnomo mencatat mencapai 7023 orang.

Dia bilang, capaian fantastis ini didapat berkat kunjungan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada Minggu sore.

"Tadi sudah kami laporkan tapi belum sebesar ini. Barokah, selama ibu gubernur berkunjung selama 4 jam di sini, alhamdulillah turut berhasil mendongkrak omzet ditambah perolehan sebelumnya juga," imbuhnya.

Purnomo Hadi menambahkan, adanya pameran ini telah membuat para peserta expo berbangga. Karena hampir di tiap standnya, Gubernur Khofifah melakukan cek dan evaluasi. Total terdapat 90 stand meramaikan. Mulai OPD Pemprov, Pemkab/Pemda, market place, koperasi, BUMN, BUMS, BUMD dan UMKM.

Mas Purnomo Hadi juga mengucapkan terima kasih kepada OJK yang telah berkontribusi memberikan talk show literasi keuangan. Demikian pula pada Bank Jatim, Bank UMKM, Bank Himbara, Pegadaian, PNM dan OPD.

Sementara stake holder yang telah melakukan penandatanganan kerja sama adalah Shopee Indonesia, UIN Maulana Malik Ibrahim dan diaspora.

"Dari perwakilan Amerika telah berkomitmen dengan kami setelah acara pembukaan dan telah memilih beberapa produk yang nanti akan langsung ada ditindak lanjut pembelian dan Insya Allah akan dilakukan ekspor setelah ada kurasi di rumah kurasi yang ada di Kadin atau Disperindag Jatim," bebernya.

Mas Purnomo Hadi tak lupa juga mengapresiasi Kadin karena telah menyelenggarakan vaksin selama dua hari. Dia berharap pandemi segera berakhir dan ekonomi kembali normal.

"Semoga pendemi segera berakhiri, sehingga expo tahun mendatang lebih banyak UMKM yang berpartisipasi," pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: