Zoom hadirkan fitur yang bisa terjemahkan bahasa secara otomatis

Kamis, 16 September 2021 | 09:09 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pada konferensi Zoomtopia tahunan, Zoom meluncurkan beberapa fitur baru untuk platform obrolan video mereka.

Perusahaan mengatakan, bahwa fitur-fitur baru yang dirilis bertujuan untuk membantu jutaan penggunanya dalam transisi ke mode kerja hybrid.

Melansir Cnet, Rabu (15/9/2021), fitur yang dirilis termasuk transkripsi dan terjemahan multibahasa langsung untuk panggilan Zoom.

Zoom menggunakan pembelajaran mesin dan pemrosesan bahasa alami untuk menyalin bahasa lisan, dan kemudian setiap peserta akan dapat menerjemahkannya ke bahasa mereka sendiri.

Fitur ini hadir dalam versi beta yang baru akan tersedia bulan ini, dan fitur tersebut akan tersedia secara umum pada akhir tahun.

Daftar bahasa apa saja yang bisa digunakan belum final. Namun perusahaan menyebut akan ada 30 terjemahan dan 12 opsi terjemahan pada akhir 2022.

Fitur baru lainnya adalah Zoom Whiteboard , sebuah papan tulis digital yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi melalui papan digital yang bisa digunakan dari desktop ataupun tablet.

Zoom juga memperbarui Zoom Room Smart Gallery yang menampilkan kamera dari semua peserta rapat menjadi lebih baik dan video individu dari peserta tatap muka.

Perusahaan juga menambahkan Widget Zoom yang dapat dipasang di laptop atau layar desktop.

Fitur ini berguna untuk memudahkan melihat jadwal rapat, melihat siapa yang ada dalam rapat sebelum bergabung dan memungkinkan Anda mengirim pesan ke host jika terlambat.

Beberapa fitur baru seperti Room Smart Gallery akan dimasukkan ke dalam aplikasi Zoom secara gratis. Namun untuk fitur terjemahan otomatis kemungkinan akan dikenakan biaya yang belum diketahui berapa. kbc10

Bagikan artikel ini: