RI targetkan pembayaran tol tanpa henti dimulai September 2022

Kamis, 9 September 2021 | 09:33 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah menargetkan penerapan sistem pembayaran tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) dilakukan pada September 2022. Salah satu tujuan MLFF adalah menghilangkan kemacetan di gerbang tol dikarenakan tidak adanya antrean kendaraan saat melakukan transaksi pembayaran.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, sistem tersebut dapat menghemat waktu 30 detik hingga 5 menit yang biasanya digunakan untuk bertransaksi di gerbang tol dan mengurangi emisi hingga 35%.

Dengan memanfaatkan konektivitas telepon pintar (smartphone) dan satelit, maka nantinya palang dan gerbang tol tidak lagi diperlukan. Pengguna dapat masuk keluar jalan tol tanpa hambatan dan tarif tol nantinya akan terpotong otomatis dari saldo pengguna melalui aplikasi yang berfungsi sebagai On Board Unit (OBU) elektronik atau e-OBU saat melewati sensor pada akses masuk tol.

"Kita sedang berkejaran dengan China yang juga melakukan hal yang sama (penggunaan GNSS) untuk kendaraan Golongan 1. Di Eropa juga diterapkan untuk kendaraan berat. Tetapi di Asia, baru Indonesia dan China akan menjadi dua negara pertama yang menggunakan GNSS untuk kendaraan pribadi," ujarnya seperti dikutip, Rabu (8/9/2021). kbc10

Bagikan artikel ini: