Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, Menkes pede bisa salip Jerman

Selasa, 31 Agustus 2021 | 08:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbianis.com: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Indonesia bisa menyalip Jerman dalam hal laju vaksinasi Covid-19. Yakni, dengan mengebut penyuntikan hingga 2,3 juta orang per bulan.

"Per hari ini saya lihat sudah 97,8 juta sudah kita suntikkan, mudah-mudahan bisa mengejar Jerman kalau angkanya juga naik terus," kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Senin (30/8/2021).

Menkes mengatakan, Presiden Joko Widodo meminta agar dilakukan percepatan vaksinasi hingga 100 juta dosis pada akhir bulan Agustus 2021. "Dan kalau bisa rata-ratanya ditingkatkan ke 2,3 juta," katanya.

Menurut Budi Gunadi, Indonesia yang mulanya sempat disepelekan karena lambat dalam vaksinasi malah bisa ngebut. Ia mengatakan hal ini terlihat dari posisi Indonesia di peringkat keenam dunia dengan jumlah orang disuntik paling banyak.

Hingga Minggu, 29 Agustus 2021, kata Budi, sudah 61 juta orang menerima dosis pertama vaksinasi Covid-19 di bawah Cina , India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang. Sedangkan dari sisi total suntikan vaksin Covid-19, kata Budi, Indonesia berada di peringkat tujuh besar dunia di bawah China, India, Amerika Serikat, Brazil, Jepang, dan Jerman.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah cukup baik dibandingkan negara-negara lain.

"Dari kurang lebih 220 negara, peringkat kita enggak jelek-jelek amat. Kalau dihitung dari jumlah orang yang divaksin, kita sudah nomor empat. Nomor satu India, nomor dua Amerika, nomor tiga Brazil, kita nomor empat," kata Jokowi seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (28/8/2021).

Sementara untuk kategori peringkat vaksinasi berdasarkan jumlah suntikan, kata Jokowi, Indonesia menempati urutan ke-7 di dunia. "Sampai hari ini (per 25 Agustus) sudah 91,9 juta dosis yang kita suntikan. Enggak kalah dengan Jerman, Jepang, Brazil, Amerika, India, RRT," ujar Jokowi.

Adapun populasi jumlah penduduk Indonesia merupakan terbesar keempat di dunia. Pemerintah memasang target sasaran vaksinasi sebanyak 208.265.720 orang untuk mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

Pemerintah berjanji akan terus menggenjot kecepatan vaksinasi Covid-19 seiring dengan bertambahnya pasokan vaksin Covid-19. kbc10

Bagikan artikel ini: