Terbesar ketiga dunia, penghasilan Cristiano Ronaldo tembus Rp14,3 triliun

Minggu, 29 Agustus 2021 | 08:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Dunia sepak bola kembali diguncang dengan kabar pembelian pemain. Adalah Cristiano Ronaldo yang secara mengejutkan bergabung kembali ke klub yang membesarkan namanya, Manchester United. Kabar ini muncul setelah kurang dari sebulan hengkangnya Lionel Messi dari FC Barcelona.

Seperti dilansir Forbes, Sabtu (28/8/2021), bintang berusia 36 tahun itu setuju bergabung dengan MU, yang akan membayar kepada Juventus sekitar US$40 juta (setara Rp 572,92 miliar), tergantung pada performa.

Sejauh ini, ketentuan kontrak baru Ronaldo belum diungkapkan. Menurut sumber, beberapa detail masih dalam proses penyelesaian, dan sambil menunggu pemeriksaan fisik, Ronaldo akan menandatangani kontrak untuk dua musim ke depan.

Ronaldo adalah salah satu atlet paling sukses secara finansial dalam sejarah. Berdasarkan estimasi Forbes, penghasilan tahunan Ronaldo pada tahun lalu sebesar US$105 juta atau berkisar Rp 1,5 triliun, membuatnya menjadi pemain sepak bola pertama yang menghasilkan US$1 miliar atau sekira Rp 14,3 triliun (belum termasuk pajak).

Messi mengikutinya beberapa bulan kemudian. Kedua rival tersebut saat ini menjadi satu-satunya pemain sepak bola yang mencapai tonggak sejarah itu.

Ronaldo pada tahun ini menduduki peringkat ketiga sebagai atlet dengan bayaran tertinggi, di belakang Conor McGregor dan Messi. Pendapatan Ronaldo berkisar US$120 juta.

Rinciannya US$70 juta berasal dari lapangan dan US$50 juta dari endorsement. Selain kontrak seumur hidup dengan Nike, sponsor Ronaldo termasuk DAZN, Herbalife, MTG dan Unilever. kbc10

Bagikan artikel ini: