Sepakat akhiri kontrak, Maverick Vinales tak lagi tunggangi Yamaha di MotoGP 2021

Jum'at, 20 Agustus 2021 | 17:34 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pembalap MotoGP asal Spanyol, Maverick Vinales, dan tim Monster Energy Yamaha bersepakat untuk mengakhiri kontrak. Mereka memutuskan untuk berpisah saat ini juga meski masih terikat kesepakatan hingga akhir musim ini.

Keputusan itu diambil kurang dari sepekan setelah dia ditarik dari balapan MotoGP Austria karena dituding mencoba menghancurkan mesin motornya pada balapan sebelumnya di Grand Prix Styria.

Pemenang balapan MotoGP sembilan kali itu berselisih dengan Yamaha dan sedianya akan pergi pada akhir musim ini. Namun insiden di MotoGP Styria membuat ketegangan meningkat dan kedua pihak sepakat berpisah jalan saat ini juga.

"Menyusul peristiwa baru-baru ini di GP Styrian dan setelah pertimbangan mendalam oleh kedua belah pihak, keputusan bersama dicapai untuk segera berpisah," kata Monster Energy Yamaha dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip, Jumat (20/8/2021).

"Keputusan ini akan membebaskan pembalap untuk mengikuti arah masa depan yang dipilihnya dan juga akan memungkinkan tim untuk memfokuskan upayanya pada sisa balapan musim 2021 dengan pembalap pengganti yang belum ditentukan," ungkap Monster Energy Yamaha.

Vinales sendiri sudah meminta maaf kepada Yamaha atas insiden di GP Styrian, dengan mengatakan itu adalah situasi menyedihkan yang dipicu oleh frustrasi.

Soal putusan untuk berpisah lebih cepat dengan Yamaha, dia mengatakan, "Setelah mempertimbangkan secara menyeluruh kedua belah pihak telah sepakat bahwa akan lebih baik untuk mengakhiri kemitraan dengan segera."

"Saya sangat berterima kasih kepada Yamaha atas kesempatan besar ini. Saya juga berterima kasih atas dukungan yang mereka berikan kepada saya selama 4,5 tahun balapan ini dan akan melihat ke belakang dengan bangga atas hasil yang kami capai bersama," jelasnya.

"Saya akan selalu sangat menghormati Yamaha dan mendoakan yang terbaik untuk mereka," sambung Vinales.

Aprilia mengatakan pada Senin lalu bahwa Vinales akan membalap untuk mereka musim depan. Pembalap Spanyol itu telah menandatangani kontrak satu tahun dengan opsi untuk memperbarui. Ia akan bermitra dengan rekan senegaranya Aleix Espargaro di Aprilia.

Maverick Vinales, yang memulai di kelas 125cc bersama Aprilia, memenangkan kejuaraan Moto3 pada 2013 bersama KTM. Dia berada di urutan ketujuh secara keseluruhan dalam klasemen MotoGP 2021, 86 poin di belakang rekan setimnya yang memimpin klasemen, Fabio Quartararo. kbc10

Bagikan artikel ini: