Pemkot Surabaya siap bantu percepatan vaksinasi di Gresik dan Sidoarjo

Kamis, 19 Agustus 2021 | 07:46 WIB ET
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyatakan siap membantu daerah aglomerasi yakni Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, Gresik) untuk mencapai target herd immunity melalui percepatan vaksinasi.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, ketika target herd immunity di Surabaya sudah tercapai, dalam arti program vaksinasi di Surabaya sudah selesai sampai vaksin kedua tuntas. Pihaknya akan ikut membantu daerah lain di sekitar Surabaya.

"Daerah aglomerasi itu saling berkaitan. Kalau Surabaya sudah tercapai vaksin tapi wilayah sekitarnya belum, ini tentu akan berpengaruh juga. Makanya dibutuhkan kerja sama dan gotong-royong dalam mewujudkan herd immunity di Surabaya Raya," katanya dalam keterangannya, Rabu (18/8/2021).

Dia mengatakan, jika warga Surabaya seluruhnya sudah menerima 2 kali dosis vaksin Covid-19, Pemkot Surabaya akan menerjunkan ‘Respons Cepat Mobil Vaksin Keliling untuk membantu daerah aglomerasi.

"Termasuk menyiapkan tenaga kesehatan atau vaksinatornya. Sedangkan daerah aglomerasinya hanya menyiapkan vaksin dan lokasinya saja," ujarnya.

Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono menambahkan bahwa Surabaya pun tidak bisa bergerak sendiri, tetapi butuh dukungan dari daerah lain. Untuk itu, saling membantu antar daerah aglomerasi sangatlah tepat dalam penanganan Covid-19.

"Ketika herd immunity di Kota Surabaya telah terbangun, tapi wilayah aglomerasinya belum, tentu hal ini akan menjadi kendala. Apalagi, Kota Surabaya menjadi pusat pergerakan masyarakat di wilayah Surabaya Raya," imbuhnya. kbc10

Bagikan artikel ini: