Jaga keandalan listrik, PDKB UPT Gresik ganti 288 keping isolator

Senin, 16 Agustus 2021 | 09:38 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Dalam periode Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang masih berlangsung, PLN berkomitmen memberikan kualitas listrik terbaik bagi masyarakat. Salah satunya yang dilakukan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Gresik dengan melakukan penggantian material yang sudah menurun performa kemampuanya akibat polutan tinggi dan korosi salah satunya isolator pada jaringan transmisi PLTU Gresik - Segoromadu T.10 & T.11A.

Listrik yang menjadi kebutuhan utama pada masa PPKM saat ini, tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, terutama pada industri penghasil oksigen, rumah sakit serta kegiatan belajar mengajar bagi siswa sekolah. Oleh karena itu, PLN terus berupaya melakukan tindakan preventif yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan suplai tenga listrik dengan melakukan penggantian peralatan lama agar lebih optimal.

"Ada beberapa pekerjaan yang terus kami lakukan baik itu yang sifatnya terencana maupun emergency dalam menjaga keandalan sistem. Kami sangat memahami pada masa PPKM seperti ini, khususnya tempat-tempat medis serta belajar mengajar melalui daring sangat membutuhkan listrik yang andal, maka dari itu kami senantiasa menjaga kualitas listrik kepada masyarakat," ujar General Manager PLN UIT JBM Suroso, Surabaya, Minggu (15/2021).

Pekerjaan tersebut dilakukan oleh tim khusus yaitu Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) UPT Gresik dengan jumlah personel 9 orang serta membutuhkan waktu 6 hari untuk menyelesaikan penggantian isolator pada jaringan tegangan 150 kV. Berjumlah 288 keping isolator yang diganti, PLN melakukan pekerjaan tanpa padam agar penyaluran tenaga listrik kepada pelanggan tidak terganggu.

"Kami terus meminimalisir terjadinya gangguan pada sistem kelistrikan khususnya tegangan tinggi (70-500 kV). Salah satunya yang kemarin telah dilakukan oleh tim PDKB Gresik yaitu penggantian isolator pada jaringan transmisi 150 kV. Adanya pemeliharaan seperti ini kami berharap tidak adanya gangguan dalam menyuplai listrik kepada pelanggan," terang Suroso terkait pekerjaan penggantian isolator di SUTT 150 kV.

Pekerjaan ini dilakukan guna mendukung upaya pemerintah dalam masa PPKM serta terus memberikan layanan lebih baik kepada masyarakat. Pekerjaan atau pun pemeliharaan rutin lainnya pun tetap terus dilakuka oleh PLN baik itu Tegangan Tinggi maupun Tegangan Menengah dalam meningkatkan kualitas tegangan listrik.kbc6

Bagikan artikel ini: