Dukung musik Tanah Air, Sandiaga tegaskan kontribusinya cukup besar bagi ekonomi RI

Minggu, 15 Agustus 2021 | 22:18 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan musik di Tanah Air. Dukungan ini terlihat dari keterlibatan mantan Ketua Umum HIPMI tersebut dalam pembuatan video klip lagu terbaru Atta Halilintar yang berjudul #THISISINDONESIA.

Menurutnya, dukungan pemerintah atas perkembangan industri musik tanah air memang sangat dibutuhkan, terlebih di saat pandemi seperti sekarang. Saat awal pandemi, para musisi sempat menyampaikan kepadanya atas kesulitan mereka di masa pandemi karena tidak bisa melakukan konser.

"Saya turut prihatin karena dalam keadaan pandemi, banyak tantangan yang dihadapi. Saat awal pandemi, itu pertama kali saya bertugas, mereka sempat menyampaikan bahwa mereka merasakan tekanan dari segi ekonomi, mereka tida bisa manggung dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan beberpa asosiasi dan melapor kepada presiden sehingga akhirnya kita bisa dapatkan satu kesempatan untuk inovasi, dimana kita tetapkan zona," terangnya saat menghadiri acara peluncuran lagu #THISISINDONESIA yang digelar secara virtual, Minggu (15/8/2021).

Ada tiga Zona yang ditetapkan. Pertama zona hijau, dimana para musisi bisa melakukan konser secara offline tetapi dengan protokol kesehatan ketat. Kedua zona kuning, dimana para musisi harus menyelenggarakan konser secara hybrid dan zona merah semua harus dilakukan secara online.

"Dan ternyata kreasi dari musisi-musis ini tidak terbatas. Dimasa pandemi, mereka justru semakin kreatif dan saya menemukan karya-karya terbaik musisi Indonesia yang sejajar atau lebih baik dari sebelum pandemi. Ini semangat kita," ujarnya.

Sandiaga juga menegaskan bahwa kontribusi sektor musik terhadap perekonomian Indonesia sangat besar karena musik adalah salah satu identitas bangsa. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat musim kota masuk taraf dunia, pertama dangdut," katanya.

Terkait keterlibatan proyek lagu musik modern dan musik etnik khas Indonesia dengan musisi dan YouTuber, Atta Halilintar, dia menegaskan, pihaknya menyambut baik dengan kolaborasi para musisi Indonesia yang bertepapatan perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-76.

"Konsep lagu dan video klip yang mengangkat keindahan Indonesia diharapkan dapat juga menjadi sarana promosi pariwisata Indonesia serta akselerasi pemulihan sektor pariwisata ekonomi kreatif dapat tercapai. Saya juga berharap, semoga perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 ini dapat menjadi momentum kebangkitan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, khususnya dalam bidang musik di tengah pandemi Covid-19. Dengan spirit nasionalisme dan patriotisme yang diinspirasi dari proklamator Indonesia, Bung Karno dan Bung Hatta, diharapkan tumbuh insan-insan muda kreatif dalam menyemarakkan industri musik di Tanah Air," ungkap Sandiaga Uno.

Sementara itu Atta Halilintar mengatakan, peluncuran lagu bertemakan kebangsaan yang berjudul #THISISINDONESIA merupakan hasil kolaborasi yang sangat unik dengan DJ BEAUZ dan melibatkan Aurelie Hermansyah, Diva Indonesia, Krisdayanti, dan ibunda Lenggogeni Faruk Halilintar yang menghasilkan sebuah lagu bergenre Hip Hop Etnic.

"Komposisi yang ada pada lagu ini merupakan perpaduan musik modern dan musik etnik khas Indonesia yang akan memikat telinga para penikmat musik Tanah Air," ujar Atta Halilintar.

Menurut suami Aurelie Hermansyah ini, lagu dengan tema Indonesia ini berisikan pesan-pesan tentang persatuan Indonesia, mengenal dan mempelajari kembali bagaimana bangsa Indonesia memiliki budaya yang luhur. Lagu ini juga menyampaikan semangat positif bagi masyarakat, bahwasanya Indonesia memiliki ketangguhan dan tetap tumbuh bersama ditengah situasi pandemi global yang masih bergulir.

"Situasi pandemi ini membuat Indonesia sedang mengalami kesulitan, maka dari itu kami hadirkan karya ini untuk membangkitkan semangat untuk kita bangkit dan tumbuh bersama. So, #THISISINDONESIA, Indonesia bisa!!" ujar Atta Halilintar.

Sementara itu, Diva Indonesia Krisdayanti mengatakan, dirinya apresiasinya atas karya anak bangsa yang sangat kreatif meskipun dalam keterbatasan situasi pandemi.

"Ketika saya mendengar lagunya dari Atta, ini memacu kekuatan dan spirit nasionalisme. Kita harus dukung prestasi anak muda Indonesia. Saya senang menjadi bagian dari sebuah karya untuk menyongsong 76 tahun Indonesia Merdeka. Jadi ini sebuah karya yang harus didukung, semoga bisa memberikan manfaat yang baik untuk menggerakkan semua generasi muda di Nusantara, agar bangga dengan Indonesia," pungkas Krisdayanti.kbc6

Bagikan artikel ini: