Pacu kinerja, Barata Indonesia kolaborasi dengan Waskita Karya

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 08:29 WIB ET

GRESIK - PT Barata Indonesia (Persero) bersama PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjalin kerjasama dalam peraihan dan pelaksanaan pekerjaan proyek-proyek strategis tanah air.

Wujud sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerja sama yang dilakukan via daring. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama, Fajar Harry Sampurno. Di sisi lain, dari pihak Waskita Karya dilakukan oleh Direktur Utama Waskita Karya, Destiawan Soewardjono.

Sinergi antara Barata Indonesia dan Waskita Karya ini menyepakati prinsip kolaborasi dengan memberikan dukungan satu sama lain melalui kerja sama operasi (joint operation), konsorsium maupun subkontraktor. Kedua perusahaan sepakat untuk mengoptimalkan potensi bisnis masing-masing perseroan yang dilakukan dengan prinsip saling menguntungkan, langkah ini sekaligus memainkan peran penting dalam mengakselerasi pembangunan nasional.

Direktur Utama Barata Indonesia, Fajar Harry Sampurno menyambut baik kolaborasi antara Barata Indonesia dan Waskita Karya. Menurutnya, sinergi antar BUMN bukan lah hal yang baru dan wajar dilakukan, terutama di tengah kondisi sulit efek dari pandemi COVID-19. “Untuk saat ini sudah tidak jaman kompetisi, tapi kolaborasi," tutur Harry.

Menurutnya, sinergi BUMN memang harus selalu dilakukan karena setiap BUMN mempunyai potensi yang dapat mengoptimalisasikan hasil bisnis yang diharapkan dapat mendongkrak kinerja lebih baik. Harry turut menjelaskan Barata Indonesia saat ini dalam proses transformasi perusahaan dengan penguatan kompetensi manufaktur untuk mendukung sektor industri agro, energi dan sumber daya air (SDA).

Senada dengan hal tersebut, Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono, berharap kedua perusahaan dapat memanfaatkan keahlian masing - masing untuk meraih pekerjaan bersama.

"Waskita Karya sudah 60 tahun lebih membangun infrastruktur jadi kerja sama ini memang sangat diperlukan untuk saling meningkatkan kapasitas. Khususnya bersama Barata dalam lingkup mekanikal dan elektrikal," ucap Desti.

Lebih lanjut, dirinya berharap kedua perusahaan tidak hanya dapat meraih pekerjaan bersama, namun dapat menghasilkan sustainable income bagi kedua belah pihak.

Dengan demikian momentum kerjasama ini diharapkan mampu menjadi nilai tambah bagi semua pihak dan memastikan terselenggaranya pembangunan proyek-proyek strategis dengan kualitas yang baik, efisien dan mampu memenuhi timeline yang tepat.

Bagikan artikel ini: