PJB salurkan donasi Rp2 miliar untuk masyarakat terdampak pandemi

Jum'at, 6 Agustus 2021 | 08:04 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda membuat banyak masyarakat terdampak secara sosial, kesehatan maupun ekonomi. Berangkat dari hal itu, PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) bersama Serikat Pekerja dan Laziz PJB bersinergi mengadakan kegiatan sosial yang bertajuk "PJB Empati, Berbagi di kala Pandemi".

PJB Empati yang dilaksanakan bertepatan dengan menyambut hari kemerdekaan RI ke-76 yang bertemakan "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Tidak hanya menggambarkan kepedulian sosial PJB namun juga wujud semangat kebangsaan PJB dan seluruh karyawannya untuk saling mendukung antar elemen bangsa di tengah-tengah pandemi.

Seremoni pemberian donasi dipusatkan pada Kamis (5/8/2021) di Unit Pembangkit Cirata, Purwakarta, yang diikuti oleh Bupati Purwakarta, Direktur Bisnis Regional Jawa Madura dan Bali PLN, Komisaris PJB dan Direktur Utama PJB, Gong Matua Hasibuan. Turut hadir jajaran Direksi PJB lainnya, anak perusahaan PJB, serta seluruh unit pembangkit di seluruh Indonesia secara daring.

Pada prosesi penyerahan, Komisaris dan Direktur Utama PJB serta Bupati Purwakarta memberikan simbolis donasi kepada perwakilan masyarakat yang terdampak pandemi. Seluruh donasi yang terkumpul ini akan didistribusikan kepada seluruh unit PT PJB dan akan diserahkan oleh unit masing-masing kepada masyarakat di sekitar unit yang terdampak pandemi.

Pada sambutannya, Gong menyampaikan, kegiatan itu merupakan aksi sosial hasil sinergi PT PJB, Lazis, dan SSP PJB. "Terkumpul total donasi lebih dari Rp2 miliar dan akan diberikan dalam bentuk paket sejumlah lebih dari 10.000 untuk diberikan kepada masyarakat ring 1 di seluruh unit PT PJB," terang Gong.

Menanggapi donasi yang diberikan di UP Cirata, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika turut mengucapkan rasa terima kasihnya. "Hari ini kita menyaksikan langsung kontribusi PT PJB UP Cirata secara kontinyu. Selain selalu menyediakan listrik, PT PJB juga dapat membantu pemerintah dalam meringankan beban masyarakat terdampak pandemi melalui bantuan ini. Saya mewakili Purwakarta menyampaikan rasa terima kasih kepada PT PJB," ungkap Anne.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka merayakan HUT RI yang biasanya diisi lomba-lomba, kali ini lebih mengadakaan kegiatan-kegiatan bermisi sosial. Hal ini dilakukan mengingat bangsa ini masih dalam kondisi pandemi yang menuntut keprihatinan dan dukungan dari seluruh elemen.

"Kegiatan donasi yang dilakukan oleh PJB adalah cerminan bahwa PJB akan terus menjadi bagian besar dalam masyarakat Indonesia, tidak hanya memasok listrik yang andal namun juga memiliki kepedulian terhadap kondisi sosial masyarakat," ucapnya sembari terus menyemangati masyarakat agar bisa kembali pulih pada masa-masa penuh tantangan saat ini.

Melalui Zoom, Haryanto W.S., Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PT PLN (Persero), juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Purwakarta, "Terima kasih atas dukungan dan kerja sama dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta sehingga PLN dapat selalu eksis menghadirkan listrik untuk masyarakat. Salah satunya pembangunan adalah PLTS Apung 145 MWac, terbesar di Asia Tenggara yang akan hadir di Cirata ini," ujarnya.

Dia menegaskan, keberadaan PJB di industri ketenagalistrikan memegang peranan penting khususnya dalam memastikan penyediaan tenaga listrik bagi kebutuhan masyarakat, dan roda pereknomian.

Namun, pada kegiatan ini, peran PJB untuk ikut memutar roda perekenomian semakin nyata terlihat dengan melibatkan UMKM serta pelaku bisnis pasokan pangan lokal dalam menyediakan kebutuhan sembako untuk donasi.

Sejalan dengan hal ini, Komisaris PJB, Defy Indiyanto Budiarto berharap upaya ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan, tidak hanya untuk berbagi kepada sesama tetapi juga membantu perekonomian setempat.

Layaknya sebagai perusahaan yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, PJB secara berkala akan melakukan beragam kegiatan sosial untuk terus memulihkan roda perekonomian masyarakat yang terdampak dari pandemi covid-19.kbc6

Bagikan artikel ini: