Dubes RI untuk Jepang apresiasi perjuangan atlet Indonesia di Olimpiade

Kamis, 5 Agustus 2021 | 07:54 WIB ET

TOKYO - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi mengapresiasi kerja keras para atlet dan ofisial Indonesia yang berlaga di Olimpiade Tokyo. Kerja keras mereka telah mengharumkan nama Indonesia, terutama setelah pasangan ganda putri bulutangkis Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil meraih medali emas.

Apresiasi itu disampaikan Dubes Heri Akhmadi saat bersama Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengantar sembilan atlet beserta ofisial dan media Tim Indonesia pulang kembali ke Tanah Air melalui Bandara Narita, Jepang, Rabu (4/8/2021).

 

Kepulangan para atlet dan ofisial yang dipimpin langsung oleh Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo, Rosan P Roeslani itu diiringi pula dengan antusiasme warga Indonesia di Jepang yang turut mengantar di Bandara Narita. Dubes Heri Akhmadi menyambut gembira hasil maksimal dari para atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

"Alhamdulillah, prestasi para atlet kita di Olimpiade Tokyo ini bisa menjadi semacam immune booster bagi rakyat Indonesia. Kami ucapkan terima kasih atas kerja keras dari kontingen Indonesia secara keseluruhan," ujar Dubes Heri.

Ketua Umum NOC Indonesia ,Raja Sapta Oktohari juga menyampaikan apresiasi atas dukungan teknis yang diberikan Dubes Heri Akhmadi beserta jajaran KBRI Tokyo kepada Tim Kontingen Indonesia selama penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020.

 

Sejak awal datang kami sudah terbantu oleh Bapak Dubes beserta jajarannya. Kami sangat merasakan dukungan yang luar biasa dari KBRI Tokyo di tengah-tengah Olimpiade versi Covid-19 ini. Banyak sekali batasan-batasan yang cukup menjadi tantangan, tetapi berkat dukungan Bapak Dubes beserta jajarannya akhirnya bisa kami lewati dengan baik," ujar Raja Sapta Oktohari.

Apresiasi senada juga disampaikan CdM Indonesia untuk Olimpiade Tokyo Rosan P Roeslani. “Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pak Dubes dan jajaran KBRI Tokyo,” ujarnya.

Hadiah Tiket Pesawat

Dalam acara tersebut, KBRI Tokyo menyampaikan hadiah tiket pesawat Jakarta-Tokyo (PP) untuk peraih medali emas yang difasilitasi oleh Bank Negara Indonesia (BNI) Tokyo untuk Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. BNI Tokyo juga mempersembahkan hadiah tiket pesawat untuk Rahmat Erwin Abdullah peraih medali perunggu dari cabang angkat besi.

Hadiah tiket pesawat Garuda Jakarta-Tokyo juga dipersembahkan Bank Indonesia Tokyo kepada Anthony Sinisuka Ginting peraih perunggu cabang bulu tangkis nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

 

Pada kesempatan yang sama, KBRI Tokyo memberikan piagam penghargaan untuk semua peraih medali dan kenang-kenangan (omiyage) kepada sembilan atlet beserta ofisial dan media yang pulang dalam kloter terakhir ini.

Indonesia meraih 5 medali selama gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Satu medali emas berhasil diraih pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang tampil dalam final ganda putri cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.

Eko Yuli Irawan dari cabor angkat besi mengemas medali perak untuk kelas 61 kg putra. Kemudian, ada Rahmat Erwin Abdullah dari cabor angkat besi menyabet perunggu dalam nomor 73 kg putra.

Medali perunggu juga diraih Windy Cantika Aisah dari cabor angkat besi untuk kelas 49 kg putri dalam cabor angkat berat. Raihan medali ke-5 dipersembahkan Anthony Sinisuka Ginting yang mendapatkan perunggu seusai menekuk atlet asal Guatemala, Kevin Cordon.

Bagikan artikel ini: