Galang dana untuk swab, LaNyalla berharap Laboratorium Unand dapat dukungan

Rabu, 4 Agustus 2021 | 07:11 WIB ET

JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan apresiasi kepada Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) yang tetap bekerja optimal meski dalam kondisi terbatas.

Laboratorium Unand terpaksa menggalang donasi untuk setiap pengambilan swab lantaran tidak adanya anggaran.

"Betuk kepedulian yang diperlihatkan Laboratorium Unand sangat luar biasa. Layak mendapat apresiasi. Meski dalam keterbatasan dana, semangat mereka tidak pernah kendor," kata LaNyalla, Selasa (3/8/2021). 

Senator asal Jawa Timur itu berharap keseriusan dan kerja keras laboratorium Unand bisa mendapatkan dukungan.

"Stakeholder terkait harus bisa melihat potensi yang dimiliki laboratorium Unand. Lab ini dapat dimaksimalkan untuk membantu mencegah penularan Covid-19," terangnya.

Laboratorium Unand harus menggalang donasi untuk memenuhi biaya untuk barang-barang consumables. Seperti filter tip, tabung dan cup-cup.

"Mudah-mudahan ada kebijakan yang dapat meringankan beban lab. Sehingga kinerja mereka lebih maksimal," ujar mantan Ketua Umum PSSI itu.

Sebelumnya, laboratorium Unand  mendapat anggaran sebesar Rp20 miliar dari Pemprov. Lab ini juga mendapatkan anggaran dari DPRD sebesar Rp5 miliar. Namun, sejak Januari 2021 anggaran tersebut dihentikan.

"Mungkin ada fokus lain yang dilakukan pemprov. Kita bisa pahami kondisi tersebut. Namun, kita berharap ada kebijakan lain yang bisa membantu lab," tuturnya.

Bagikan artikel ini: