UNIQLO bersama HIPPINDO buka sentra vaksinasi di 5 kota, siapkan 250 ribu dosis untuk pelaku UMKM dan umum

Jum'at, 30 Juli 2021 | 19:09 WIB ET
Dari kiri; COO PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) Yugo Shima, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah, dan Ketua Umum Forkas Jawa Timur Eddy Widjanarko saat meninjau sentra vaksinasi di Surabaya.
Dari kiri; COO PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) Yugo Shima, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah, dan Ketua Umum Forkas Jawa Timur Eddy Widjanarko saat meninjau sentra vaksinasi di Surabaya.

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) membuka sentra vaksinasi di 5 kota di Indonesia dengan menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM.

Surabaya menjadi kota pertama pada sentra vaksinasi tersebut yang digelar mulai 26 Juli 2021, disusul wilayah lainnya yang akan diumumkan kemudian.

Ada sebanyak 250.000 dosis vaksin Sinovac akan didistribusikan ke 5 daerah di Indonesia, antara lain Surabaya.

Co-Chief Operating Officer PT Fast Retailing Indonesia, Yugo Shima menuturkan, langkah ini merupakan bagian dari upaya percepatan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mencapai herd immunity yang diharapkan tercapai pada September 2021.

"Sentra Vaksinasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan dukungan kami terhadap masyarakat Indonesia, dan juga komitmen kami dalam mendukung langkah Pemerintah melalui percepatan program vaksinasi di tengah pandemi Covid-19," katanya di sentra vaksinasi UNIQLO dan HIPPINDO di Gedung Kencana, Surabaya, Jumat (30/7/2021).

Dia berharap dengan adanya Sentra Vaksinasi ini dapat menjangkau masyarakat lebih luas untuk mendapatkan vaksin dengan lebih mudah, serta dapat menjadi salah bentuk upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Pelaksanaan vaksin dosis pertama di Surabaya akan berlangsung pada tanggal 26 Juli 2021 hingga 17 Agustus 2021, sedangkan pelaksanaan vaksin dosis kedua akan dimulai pada 18 Agustus 2021. Sentra vaksinasi ini mempersiapkan target kuota 2.000 orang per hari di Surabaya dan kota-kota lainnya.

Dijelaskannya, sentra vaksinasi UNIQLO ini ditujukan bagi seluruh masyarakat yang berusia diatas 17 tahun, khususnya yang terlibat dalam ekosistem ritel, termasuk UMKM dan UKM, para supplier, distributor hingga karyawan pabrik. Selain itu, masyarakat umum dan penyandang disabilitas juga bisa mendapatkan vaksin gratis ini, dengan mendaftar melalui website HIPPINDO.com Halodoc dan Good Doctor.

Sentra Vaksinasi ini merupakan bagian dari komitmen serta realisasi program keberlanjutan UNIQLO Indonesia sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap seluruh lapisan masyarakat, baik tenaga medis maupun non-medis serta masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

Selain itu UNIQLO juga berupaya secara aktif memberikan dukungan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui rangkaian program donasi  berkelanjutan yang sebelumnya telah dilakukan, diantaranya pembagian 500.000 masker medis kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana Indonesia (BNPB), pembagian paket sembako untuk keluarga kurang mampu, pembagian 10 ribu kaos wanita lengan panjang, pembagian 1,6 juta APD ke sejumlah daerah.

Di tempat yang sama, Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah menyampaikan, pembukaan sentra vaksinasi di berbagai daerah ini sebagai bentuk nyata HIPPINDO dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi Indonesia. "Ketika herd immunity terbentuk, kepercayaan masyarakat terhadap dunia usaha akan kembali, dan ini akan memicu tumbuhnya daya beli, yang pada akhirnya ekonomi kita pun menguat," ungkapnya.

Dikatakan Budihardjo, dengan kerja sama yang dilakukan kalangan pelaku usaha untuk program sentra vaksinasi tersebut, diharapkan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Dan pada program Hari Belanja Diskon pada Agustus nanti akan ada program vaksin, dalam artian konsumen baik offline maupun online yang sudah divaksin akan bisa mendapatkan tambahan diskon. Dengan masyarakat belanjakan uangnya, akan menggerakkan ekonomi," ungkapnya.

Ketua Umum Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur, Eddy Widjanarko mengaku mendukung program sentra vaksinasi tersebut. Di Surabaya dan Jawa Timur, ditargetkan bisa disiapkan sebanyak 50.000 dosis, dimana sudah ada sebanyak 15.000 dosis.

"Nanti pada 3 Agustus akan datang lagi 35 ribu dosis vaksin Sinovac, yang juga akan disebar selain Surabaya juga digelar di Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Gresik, Lamongan, dan Jombang," tukasnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Mas Purnomo Hadi mengapresiasi sentra vaksinasi yang digelar di Surabaya dan berharap mampu membantu upaya Pemprov Jatim untuk mencapai kekebalan komunal.

"Ibu Gubernur Khofifah Indar Parawansa memiliki target pada pertengahan Agustus 2021 bisa tercapai herd immunity di Jatim. Semoga dengan adanya sentra vaksinasi ini dapat membantu percepatan vaksinasi, sekaligus sebagai ikhtiar pengendalian Covid-19," tutur dia.

Deputi Bidang UKM Kementrian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman menambahkan, program sentra vaksinasi yang diinisiasi UNIQLO dan HIPPINDO tersebut sebagai upaya untuk menangani dua hal, yakni pencegahan penyebaran Covid-19, dan pemilihan ekonomi.

"Pencegahan penyebaran Covid-19 bukan hanya persoalan pemerintah saja, namun dibutuhkan kebersamaan dari semua pihak termasuk pelaku usaha. Kami berharap program seperti ini bisa berkelanjutan," ujarnya.

Hanung menyebut, secara keseluruhan Kementerian Koperasi dan UKM telah mengalokasikan sebanyak 535.000 dosis vaksin dengan sasaran para pelaku UMKM dan koperasi di seluruh Indonesia. "Dan kami juga telah mengusulkan tambahan 250 ribu dosis lagi," ujarnya. kbc10

Bagikan artikel ini: