Bantu warga terdampak pandemi, produsen garam "Cap Kapal" salurkan 1000 paket sembako

Jum'at, 30 Juli 2021 | 13:44 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pandemi Covid-19 telah berdampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat. Tidak hanya dari segi kesehatan tetapi juga ekonomi karena adanya pembatasan kegiatan guna memutus mata rantai penyebaran virus yang mematikan tersebut.

Melihat kondisi itu, Produsen garam "Cap Kapal" PT Susanti Megah berupaya meringankan beban masyarakat sekitar perusahaan dengan membagikan 1000 paket sembako untuk warga kecamatan Asemrowo Kota Surabaya.

Direktur Utama PT Susanti Megah Hermawan Santoso mengungkapkan bahwa langkah PT Susanti Megah membagikan bantuan paket sembako tersebut sebagai wujud kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi yang telah berlangsung sekitar satu setengah tahun, terlebih warga yang penghasilannya harian.

Selain itu juga sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan karena dimasa sulit ini perusahaan tidak sampai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan ataupun pengurangan gaji, walaupun secara penjualan ia mengaku juga mengalami penurunan akibat turunnya permintaan. Saat ini, total karyawan PT Susanti Megah yang berlokasi di daerah Dupak Surabaya mencapai 700 tenaga kerja.

"Pemberian bantuan ini dilakukan karena banyak masyarakat yang terdampak. Mereka kesulitan ekonomi karena tidak bekerja. Maka saya punya inistiatif untuk memberikan bantuan sebanyak 1.000 paket sembako. Ini bukan yang pertama karena tahun lalu saya sudah membagikan paket sembako, mungkn nanti akan ada lagi, lihat perkembangan perusahaan karena perusahaan kita walaupun bahan pokok juga terdampak karena penjualan turun. Tapi kami masih diberikan kelebihan dan memberikan untuk masyarakat," tandasnya.

Selain membagikan paket sembako, PT Susanti Megah juga memberikan kesempatan kepada UMKM sekitar perusahaan untuk berdagang di dalam lokasi pabrik, menyediakan segala kebutuhan karyawan, mulai makan hingga cemilan.

"Kami juga memberikan tempat berjualan bagi UMKM di Asemrowo. Pak Camat Asemrowo telah bicara sama saya dan saya berikan tempat. Saat ini masih ada beberapa UMKM, nanti digilir. Ke depan kami akan berikan tempat yang lebih representatif," kata Hermawan.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang hadir dalam pembagian paket sembako tersebut memberikan apresiasi kepada PT Susanti Megah karena ikut meringankan beban masyarakat terdampak pandemi Covid-19 serta memberi solusi pasar bagi UMKM.

"Ini bisa jadi contoh dan panutan bagi seluruh perusahaan di Surabaya untuk dapat berbagi, memberikan sumbangsih kepada masyarakat yang sedang terdampak Covid-19. Bahkan UMKM diberikan tempat untuk berjualan makan dan cemilan. Ini akan berdampak positif bagi UMKM di Asemrowo," ucapnya.

Menurut Eri, sudah selayaknya warga dan industri saling bersinergi dan memberi dukungan. Menurutnya, ini adalah pembelajaran, dimana kehadiran pengusaha atau investasi yang masuk ke Surabaya, mendapat dukungan dari masyarakat dan sebaliknya pengusaha kepada masyarakat.

"Tinggal bagaimana bisa mengolaborasikan seperti yang dilakukan PT Susanti Megah. Betapa hebat dan indah ketika masyarakat bisa menjadi bagian dari investasi yang masuk di kota Surabaya," pungkas Ery.kbc6

Bagikan artikel ini: