Jangan panik! Kimia Farma jamin stok obat-obatan dan vitamin Covid-19 aman

Kamis, 29 Juli 2021 | 09:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Masyarakat diminta tidak panic buying terhadap obat dan vitamin untuk Covid-19. Pasalnya, ketersediaan obat-obatan dan vitamin untuk pasien Covid-19 dijamin aman.

"Untuk menanggulangi kelangkaan obat, kami berusaha tetap menjaga stok dan ketersediaan obat," kata Direktur Pengembangan Bisnis Kimia Farma Apotek, Muhardiman, Rabu (28/7/2021).

Namun, lanjut dia, masyarakat juga perlu memahami bahwa ada beberapa obat yang termasuk dalam kategori obat keras dan hanya bisa didapatkan berdasarkan resep dokter.

Oleh karenanya, pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI melalui farmaplus untuk memberikan data ketersediaan obat. Sehingga, masyarakat dapat mengakses informasi tersebut dengan mudah.

"Kami berkomitmen untuk menyajikan data secara real time sehingga masyarakat dapat mengetahui data ketersediaan obat sehingga tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat," tutur Muhardiman.

Ketua Tim Mitigasi IDI, Adib Khumaidi menambahkan, jika masyarakat sekiranya merasakan gejala Covid-19 tidak perlu panik, dan mengonsumsi vitamin obat tanpa resep dokter. Masyarakat hanya perlu menjalani masa isolasi mandiri di rumah.

Karena menurutnya, semakin banyak masyarakat yang mengetahui petunjuk isolasi mandiri, maka hal tersebut dapat membantu menaikkan angka kesembuhan dari Covid-19. Protokol kesehatan ini menjadi penting bagi pasien Covid-19.

"Jangan lupa lakukan pemantauan kesehatan secara mandiri untuk melihat perkembangan kondisi kesehatan. Jika terjadi perburukkan, segera hubungi Satgas Covid-19 dan Rumah Sakit terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semua protokol kesehatan ini harus dilakukan supaya kita semua bisa mengatasi pandemi Covid-19 ini di Indonesia," jelas dia. kbc10

Bagikan artikel ini: