1 Juta dosis AstraZeneca kembali mendarat di Indonesia

Jum'at, 16 Juli 2021 | 13:30 WIB ET

JAKARTA - Pemerintah kembali mengamankan pasokan vaksin COVID-19 untuk kebutuhan vaksinasi nasional guna mencapai kekebalan komunal atau herd immunity dalam menghadapi pandemi COVID-19. Pagi ini, Jumat (16/07/2021), tiba sebanyak satu juta dosis vaksin AstraZeneca dalam bentuk jadi, melalui Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

“Hari ini, kita kembali menerima kedatangan vaksin tahap ke-26 berjumlah 1.041.400 dosis vaksin jadi dari AstraZeneca. Total vaksin yang telah kita terima hingga pagi ini adalah 141.315.880 [dosis] vaksin,” ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Oscar Primadi, dalam keterangan persnya menyambut kedatangan vaksin tersebut.

Vaksin yang tiba pagi ini, ungkap Oscar, merupakan bagian dari perjanjian kerja sama bilateral antara AstraZeneca dengan Pemerintah Indonesia untuk pengiriman 50 juta dosis vaksin langsung ke Indonesia.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak AstraZeneca yang telah membantu masyarakat Indonesia untuk memperoleh vaksin, serta kepada seluruh pihak yang telah membantu memperlancar kedatangan dan pendistribusian vaksin-vaksin yang kita peroleh ke seluruh pelosok provinsi di Indonesia,” imbuhnya.

Oscar menyampaikan, sejalan dengan kedatangan vaksin yang terus diintensifkan ini, pemerintah juga akan terus mempercepat dan memperluas cakupan  vaksinasi agar dapat mencapai target yang telah ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Tentu saja kita patut bersyukur, dengan kehadiran vaksin ini kita dapat terus mempercepat dan memperluas program vaksinasi agar dapat memperoleh target dua juta vaksin per hari, terutama di bulan Agustus,” ujarnya.

Percepatan vaksinasi ini sangat penting dalam rangka menekan laju penularan COVID-19 yang saat ini tengah meningkat di Indonesia. Oleh karena itu, Sekjen Kemenkes mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi yang tengah digulirkan pemerintah ini.

“Sekali lagi, tentunya kita berharap pandemi ini dapat kita kendalikan, vaksinasi dapat kita terus ditingkatkan sehingga upaya-upaya kita di dalam mencapai herd immunity dapat terus kita laksanakan dan terus dapat kita capai dengan baik, Vaksin yang terbaik adalah vaksin yang sudah ada tentunya. Mari segerakan vaksinasi untuk percepatan menuju kekebalan kelompok,” pungkasnya.

Bagikan artikel ini: