Resmi kantongi izin terbang, nih rute maskapai baru Super Air Jet

Senin, 28 Juni 2021 | 10:42 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah selesai menjalankan proses sertifikasi permohonan Air Operator Certificate (AOC) PT Super Air Jet (SAJ).

Proses sertifikasi AOC Super Air Jet mengacu kepada ketentuan ICAO dan regulasi penerbangan yang berlaku di Indonesia yang dilaksanakan melalui lima tahapan atau fase, yaitu: Pre Application, Formal Application, Document Compliance, Demonstration and Inspection, dan Certification.

"Seluruh tahapan ini telah dilaksanakan sertifikasi selama sembilan bulan," kata Novie dikutip dari Antara, Minggu (27/6/2021).

Novie Riyanto mengatakan bahwa Super Air Jet juga telah memenuhi seluruh persyaratan pemegang AOC.

Sementara itu dikutip dari instagram Superairjet.info, untuk tahap pertama maskapai Super Air Jet ini akan melayani 6 rute penerbangan yang semuanya dari Jakarta.

Keenam rute tersebut adalah:

1. Jakarta - Palembang - Jakarta

2. Jakarta - Kualanamu - Jakarta

3. Jakarta - Padang - Jakarta

4. Jakarta - Pekanbaru - Jakarta

5. Jakarta - Pontianak - Jakarta

6. Jakarta - Batam - Jakarta

Super Air Jet merupakan maskapai penerbangan swasta baru kategori layanan pengangkutan penumpang berjadwal harian yang berasal dari Indonesia dan sepenuhnya dimiliki atas penyertaan modal orang lokal (dalam negeri).

Super Air Jet didirikan pada Maret 2021, telah memiliki kode penerbangan "IU" dari IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional) dan "SJV" dari ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional).

"Saat ini, Sper Air Jet tengah mempersiapkan fase bersiap untuk lepas landas melalui berbagai tahapan dan prosedur yang dibutuhkan berdasarkan ketentuan-ketentuan dalam rangka mempersiapkan penerbangan perdana, yang dijadwalkan dalam waktu dekat," kata Direktur Utama (Chief Executive Officer) Super Air Jet, Ari Azhari.

Super Air Jet didirikan atas dasar optimis bahwa peluang pasar khususnya kebutuhan penerbangan dalam negeri (domestik Indonesia) masih ada dan terbuka luas. Ari memandang, ada permintaan yang sangat kuat dari masyarakat untuk perjalanan udara saat ini, terutama para milenial.

Super Air Jet didesain dan dipersiapkan agar memungkinkan banyak orang (penumpang) untuk bisa bepergian menggunakan pesawat udara tujuan wisata, pendidikan, pebisnis muda dan mengunjungi ke berbagai kota tujuan favorit.

Fokus utama Super Air Jet menawarkan konsep berbiaya rendah dengan penerbangan langsung antarkota secara point-to-point di pasar domestik dan nantinya dapat merambah ke rute-rute internasional. kbc10

Bagikan artikel ini: