Erick bidik setoran dividen BUMN tahun ini Rp35 triliun

Rabu, 16 Juni 2021 | 11:11 WIB ET
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menargetkan, setoran dividen BUMN kepada negara tahun ini akan mencapai Rp35 triliun. Angka ini lebih besar dari jumlah setoran dividen pada 2020 yang hanya mencapai Rp26 triliun saja.

"Tapi Insya Allah tahun ini ada peningkatan akan di angka ke Rp35 triliun," ujar Menteri Erick dalam Webinar Seri II: Kebijakan Pemerintah, Peluang, Tantangan, dan Kepemimpinan di Masa dan Pasca Pandemi Covid-19, Selasa (15/6/2021).

Menteri Erick tak menampik setoran dividen pada tahun lalu hanya bisa tercapai di angka Rp26 triliun dari target sebanyak Rp40 triliun. Penurunan tersebut pun tidak lepas dari dampak pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Hanya saja, dia tetap bersyukur karena BUMN tetap mampu memberikan dividen di tengah kondisi sulit.

Adapun sumbangan ini diberikan oleh BUMN-BUMN yang memang selama ini menjadi andalan dalam memberikan dividen seperti BUMN di sektor perbankan, telekomunikasi, energi, dan pertambangan. Bahkan di sektor perbankan, energi, dan pertambangan juga tak lepas dari dampak pandemi.

"Kita sekarang hanya mempunyai istilahnya grouping yaitu (BUMN) kesehatan, telekomunikasi, perkebunan, dan pangan yang bisa kita anggap masih tumbuh, sementara yang lainnya (terdampak) sangat dalam akibat Covid-19 karena tidak ada kepastian," lanjut Menteri Erick.

Namun, ke depan pihaknya optimistis bisa memberikan setoran dividen BUMN sebanyak-banyaknya kepada kas negara. "Kami berusaha dengan keras kembali di 2022 dividen udah sama seperti 2019," imbuhnya. kbc10

Bagikan artikel ini: