Dukung UMKM bangkit pasca pandemi, Ralali Financial kucurkan dana miliaran rupiah

Kamis, 10 Juni 2021 | 19:06 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Ralali, marketplace Business-to-Business online pertama dan terbesar di Indonesia, melalui fitur Ralali Financial terus berkomitmen menawarkan kemudahan untuk mengembangkan bisnis para seller Ralali, baik yang baru maupun merintis maupun UMKM

 

Melalui fitur Business Capital Loans, Ralali membantu pendanaan modal usaha ke seller Ralali, salah satunya PT Airins Graha Solusindo hingga mencapai angka Rp 3 miliar terhitung sejak Juni 2020 sampai Februari 2021 dengan 14 transaksi pinjaman modal usaha.

 

PT Airins Graha Solusindo merupakan perusahaan yg bergerak di bidang jual beli laptop, aksesori laptop, dan Personal Computer (PC) yang membutuhkan modal usaha karena imbas pandemi yg melanda Indonesia 1,5 tahun terakhir.

 

"Pertama kali pinjam itu di bulan Juni 2020 sebanyak 200 juta yang kita pergunakan untuk pembelian barang dengan supplier dan dijual kembali ke customer kita," jelas SM PT Airins Graha Solusindo, Dhiyang Sahputra, saat dikonfirmasi, Surabaya, Kamis (10/6/2021).

 

Menurut Dhiyang Sahputra, perusahaannya sangat terbantu dgn pinjaman modal usaha melalui fitur Business Capital Loans apalagi saat masa pandemi. "Sebelumnya, perusahaan kami hanya bisa menjual barang dengan sistem Cash Before Delivery, sekarang berkat pinjaman modal usaha sudah bisa jual barang ke pembeli dengan sistem tempo," ungkapnya.

 

Dengan menggunakan sistem tempo, PT Airins Graha Solusindo mendapatkan keuntungan sebesar 6-10 persen dari penjualan, lebih besar dibandingkan dengan keuntungan dari sistem cash yang hanya berkisar 2-3 persen.

 

"Proses mengajukan pinjaman modal usaha di Ralali.com lebih mudah dan persyaratannya lebih sedikit dibandingkan pinjam di Bank, sehingga prosesnya lebih cepat. Ditambah komunikasi tim Ralali juga sangat baik dan siap membantu sampai proses pinjamannya selesai, "tambah Dhiyang Sahputra.

 

Seperti diketahui, bermula sebagai toko industrial online, Ralali bertransformasi menjadi B2B marketplace dengan misi untuk memberikan kemudahan bagi penjual atau mitra dan pembeli dalam memulai usaha dan memenuhi kebutuhan usaha.

 

Bertumbuh dengan pemahaman pasar secara mendalam, tahun 2018 Ralali memperkenalkan Business Innovation Group (BIG), pasar segmentasi vertikal yang menggunakan BIG data untuk menyediakan solusi spesifik dalam pemenuhan kebutuhan usaha UMKM sesuai segmentasi usaha, seperti keuangan atau insurtech.

 

BIG mencakup usaha kuliner dan jasa makanan (BIG Resto), usaha perkantoran (BIG Office), usaha otomotif (BIG Auto), usaha bahan bangunan (BIG Home), usaha kebutuhan FMCG (BIG Mart), usaha retail (BIG Market) dan usaha jasa agent berbasis pekerjaan (BIG Agent).

 

Saat ini Ralali melayani lebih dari 20 ribu pemasok (sellers), lebih dari 500 ribu pembeli (UMKM) dan menangani hampir 300 ribu produk (SKU) di dalam platformnya, dengan setengah juta pengguna teregistrasi dan lebih dari 5 juta pengunjung bulanan. Melalui platform Ralali, UMKM mendapatkan akses pemerataan yang didukung oleh inovasi teknologi.kbc4

 

Bagikan artikel ini: