GoTo hingga Bukalapak siap masuk bursa tahun ini

Senin, 7 Juni 2021 | 12:03 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kian berkibarnya pasar digital mendorong sejumlah perusahaan teknologi untuk menggelar aksi korporasi, mulai dari merger hingga menyiapkan penawaran saham ke publik alias initial public offering (IPO).

Misalnya, GoTo (kongsi Gojek dan Tokopedia) sedang merancang agenda IPO di bursa saham domestik.

Selain di bursa saham lokal, GoTo menjajaki IPO di pasar saham luar negeri.

Ternyata bukan hanya GoTo yang bersiap menghimpun dana publik. Saat ini, perusahaan e-commerce Bukalapak juga menyiapkan rencana IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI).

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), yang menjadi salah satu investor Bukalapak, menyebutkan unicorn ini dalam proses pengajuan permohonan untuk menggelar IPO di BEI.

"Namun terkait jumlah berapa persen saham yang akan dilepas saat IPO, raise money berapa yang ditargetkan, ini masih tahap pembicaraan di internal manajemen Bukalapak," kata Corporate Secretary PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, Titi Maria Rusli dalam paparan publik, baru-baru ini.

Jika sudah merampungkan proses di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BEI, menurut dia, maka seluruh informasi IPO Bukalapak akan segera disampaikan.

Manajemen EMTK mengisyaratkan, IPO Bukalapak bakal berlangsung pada Agustus tahun ini.

"Kami merencanakan Agustus 2021 akan IPO, jika segala sesuatunya berjalan lancar di OJK maupun di BEI," tegas Titi.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Bukalapak akan melepas sekitar 25 persen dari valuasinya. Jika dirupiahkan, nilai tersebut setara Rp 3,5 triliun.

Dalam aksi korporasi ini, Bukalapak disebut sudah menunjuk Mandiri Sekuritas sebagai salah satu penjamin emisi. kbc10

Bagikan artikel ini: