Penjualan sepeda tahun ini diprediksi capai 5 juta unit

Senin, 7 Juni 2021 | 11:16 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pasar sepeda dalam setahun terakhir cukup positif di tengah pandemi Covid-19. Asosiasi Pengusaha Sepeda Indonesia (Apsindo) pun memprediksi penjualan sepeda akan mencapai 5 juta unit pada 2021.

"Kalau sampai akhir tahun dengan stock yang ada itu masih sangat cukup itu penjualan tidak akan bisa lebih dari 5 juta unit. Malah bisa dibawahnya karena kondisi ekonomi belum pulih, tetapi permintaan tetap ada," kata Ketua Apsindo Eko Wibowo Utomo seperti dikutip, Minggu (6/6/2021).

Tahun lalu, di tengah pandemi Covid-19 penjualan sepeda melonjak drastis dengan menyentuh angka sekitar 7 juta unit.

Jumlah ini di luar ekspektasi Apsindo, dimana awalnya diprediksi mencapai sekira 8 juta unit pada 2020.

"Tahun lalu ekspektasi kita permintaan sampai dengan 8 juta, tetapi karena tertahan dengan produksi dan impor itu paling mencapai sekitar 7 juta unit kurang. Harapan kita mencapai 8 juta unit, tapi realitanya kan supply tidak lancar. Karena inikan merupakan tren mendadak, sehingga tidak ada persiapan dan ada keterbatasan komponen atau sparepart," jelas Eko.

Lebih lanjut Eko menyampaikan, pertumbuhan penjualan sepeda dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

"Kalau di Indonesia ini sebenarnya market share sepeda itu setiap tahunnya makin nambah. Rata-rata pertumbuhan yaitu sekitar 10 persen pertahun," ucapnya.

Untuk menjaga permintaan pasar, para pengusaha harus menerapkan berbagai strategi pemasaran untuk menarik minat konsumen.

"Jadi mau tidak mau, produsen dan importir harus menyesuaikan dengan permintaan yang ada, situasi pasar dan menyesuaikan harga ataupun dengan menciptakan gimmick-gimmick marketing," ungkap Eko. kbc10

Bagikan artikel ini: