Pemerintah ajak masyarakat jadi duta produk lokal

Jum'at, 4 Juni 2021 | 11:54 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah meminta agar seluruh masyarakat Indonesia menjadikan duta merek atau brand ambassador dari produk lokal. Langkah yang dilakukan cukup mudah, yaitu dengan membeli dan memakai aneka produk buatan pengusaha nusantara.

"Apakah ini jam tangan dari kayu, apakah juga produk lainnya seperti itu baju. Sehingga kita hidupkan untuk menjaga asa bahwa kita menghargai produk anak bangsa, kita membeli dan memakainya," jelas Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Odo R.M. Manuhutu, dalam konferensi pers virtual, Kamis (3/6/2021).

Odo mengungkapkan, ada dua tolak ukur untuk menilai kekuatan suatu bangsa. Yakni tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mampu menjadikan produk lokal sebagai tuan rumah di negara sendiri.

"Sehingga, produk yang diciptakan dari anak bangsa kedepannya adalah mampu menguasai pasar luar negeri," bebernya.

Maka dari itu, dia meminta seluruh elemen masyarakat untuk mau membeli produk lokal Indonesia. Bahkan, diharapkan proses pembelian bisa sukarela dilakukan secara berulang-ulang.

"Jadi, jangan tidak hanya satu kali. Harus berulang-ulang untuk menumbuhkan habit (kebiasaan)," jelasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: