Amazon akuisisi studio MGM senilai Rp120,89 triliun

Jum'at, 28 Mei 2021 | 13:25 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Amazon berencana mengakuisisi studio film MGM senilai US$8,45 miliar atau setara dengan Rp120,89 triliun (asumsi kurs Rp14.306 per dolar AS).

Dilansir dari CNN Business, aksi korporasi ini akan memberikan keuntungan pada Amazon dari sisi akses 'gudang film' milik MGM.

Salah satunya film ikonik, James Bond. MGM merupakan salah satu studio film paling ikonik di Hollywood. Nantinya, koleksi film MGM akan menjadi tambahan konten untuk platform video streaming Amazon, Prime Video.

Kepala Prime Video Mike Hopkins mengungkap MGM memiliki katalog dengan lebih dari 4.000 film dan 17.000 acara TV.

"Nilai finansial sebenarnya di balik kesepakatan ini adalah harta karun dalam katalog yang kami rencanakan untuk ditata ulang dan dikembangkan bersama dengan tim berbakat MGM. Ini sangat menarik dan memberikan begitu banyak peluang untuk mendongeng berkualitas tinggi," paparnya, Kamis, (27/5/2021).

CEO Jeff Bezos mengatakan bahwa Amazon sangat senang dengan MGM selama pertemuan pemegang saham tahunan perusahaan pada Rabu, (26/5).

"Teknis akuisisi di sini sangat sederhana/ MGM memiliki katalog yang luas dan mendalam tentang kekayaan intelektual yang sangat dicintai. Dan dengan orang-orang berbakat di MGM dan orang-orang berbakat di Amazon Studios, kami dapat menata ulang dan mengembangkan semuanya untuk abad ke-21," jelas Bezos.

Kedua perusahaan mengatakan bahwa penyelesaian kesepakatan akan tunduk pada persetujuan regulasi dan kondisi penutupan adat lainnya.

Meskipun streaming adalah bagian kecil dari kerajaan Amazon, perusahaan tersebut telah berfokus untuk menjadi pemain yang lebih menonjol di dunia hiburan akhir-akhir ini.

Perusahaan akan menggarap serial yang sangat dinantikan yakni The Lord of the Rings. Prime Video juga menampilkan acara orisinal dan pemenang penghargaan seperti The Marvelous Mrs. Maisel.

Saat ini Prime Video memiliki lebih dari 200 juta pelanggan berbayar. Angka-angka seperti itu menjadikannya pesaing Netflix yang memiliki 208 juta pelanggan.

Alasan lain Amazon ingin mengakuisisi MGM adalah bahwa dunia media sedang berkonsolidasi dengan kecepatan yang sangat tinggi. Untuk bersaing dengan Netflix dan Disney, perusahaan memerlukan skala, dan membeli konten, jaringan, atau studio adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Tetapi alasan paling sederhana Amazon ingin membeli MGM adalah karena mampu membelinya. Label harga yang lumayan untuk akuisisi tersebut bukanlah konsekuensi yang signifikan bagi Amazon, salah satu perusahaan terkaya di dunia.

Amazon membayar hampir US$14 miliar untuk Whole Foods pada 2017. Perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar US$1,7 triliun.

Pada akhirnya, kesepakatan itu memberi Amazon lebih banyak konten, studio yang dihormati di Hollywood. Akuisisi ini dinilai bakal membantu Amazon bersaing lebih jauh di dunia streaming yang semakin 'kejam'. kbc10

Bagikan artikel ini: