Wamendag inginkan ada edukasi aset kripto ke generasi muda

Jum'at, 21 Mei 2021 | 12:14 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mendorong adanya edukasi kepada investor dan trader sangat penting memahami karakter kripto. Menurutnya, aset kripto harus dipelajari.

“Jadi ketika memutuskan untuk terjun dalam perdagangan kripto juga harus memahami risiko di samping keuntungannya,” kata Jerry, Kamis (20/5/2021).

Menurut Jerry, masing-masing instrumen dan perdagangan komoditas punya karakter masing-masing. Selain itu, cakupan kripto juga lebih luas karena worldwide dan realtime.

Faktor harga bisa dipengaruhi oleh berbagai hal yang sifatnya bisa berjangka panjang maupun pendek. Karena itu investor dan trader dituntut untuk selalu uptodate dan sigap dengan psikologi pasar.

Wamendag menilai, edukasi bisa dilakukan oleh lembaga atau badan yang berkaitan dengan kripto maupun dengan inisiatif investor dan trader sendiri. Untuk yang terakhir, menurut Wamendag, harus harus dilakukan oleh semua investor aset kripto.

“Jadi dalam perdagangan kripto investor dan trader diharapkan punya inisiatif yang tinggi untuk belajar dan mengupdate diri dengan berbagai info yang berkembang dengan cepat,” katanya.

Sedangkan pendidikan mengenai perdagangan kripto oleh lembaga seperti Bappebti maupun perusahaan pedagang kripto, menurut Jerry, diarahkan untuk memperkuat literasi kripto itu sendiri.

Literasi yang dimaksud bukan hanya mengerti mengenai bagaimana cara kerja kripto dan blockchain tetapi juga aspek manfaat dan risikonya. Ini dilakukan agar masyarakat yang ingin terjun di dunia kripto menjadi paham dan rasional dan bukan emosional.

“Sangat berbahaya jika perdagangan berbasis emosi semata. Ada ilmu baik secara ekonomis, teknis maupun psikologis. Itu yang harus dikuasai oleh investor dan trader," kata Wamendag.

Ke depan, menurut Jerry, Kemendag akan menggiatkan edukasi mengenai kripto, bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain baik pemerintah maupun swasta.

Jerry juga berharap dunia pendidikan terutama universitas juga punya ruang khusus untuk mengembangkan literasi perdagangan aset digital termasuk kripto.

Perdagangan kripto tengah menjadi trending beberapa bulan ini berkaitan dengan manfaat dan potensinya yang sangat besar. Nilainya terus melonjak. Di Indonesia per hari perdagangan sudah mencapai lebih dari Rp 5,5 triliun. Tidak heran jika banyak masyarakat berbondong-bondong mencoba mendapatkan keuntungan dari kripto.

Bappebti tengah menyusun berbagai instrumen perlindungan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan kripto. Diharapkan dengan instrumen tersebut perdagangan kripto bisa lebih jelas secara hukum.

Selain menyusun berbagai instrumen Kementerian perdagangan melalui Bappebti juga terus menggiatkan pendidikan soal kripto. Menurut Jerry pendidikan ini akan terus dilakukan dan diperluas sehingga kripto bisa dioptimalkan manfaatnya. kbc10

Bagikan artikel ini: