Menkes bidik vaksinasi Covid-19 sejuta dosis di Juni 2021

Selasa, 11 Mei 2021 | 11:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan terus menggenjot program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Ditargetkan pada Juni 2021 mendatang, vaksinasi bisa mencapai satu juta dosis per bulan.

"Sesudah Lebaran segera kita genjot lagi vaksinasinya untuk bisa naik. Kalau bisa kita coba menyentuh 1 juta per bulan di Juni karena kapasitas vaksinnya kita sekarang sudah cukup," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (10/5/2021).

Budi mengatakan, sejak vaksinasi pertama kali dilakukan pada 13 Januari hingga 26 Maret 2021, Indonesia berhasil menggenjot penyuntikan vaksin Covid-19 hingga 10 juta. Namun pada April, ia mengatakan, perkembangannya sedikit menurun karena suplai vaksin yang juga sedang sulit. Namun Budi mengatakan saat ini, suplai vaksin Covid-19 sudah kembali normal.

Saat ini, ia menyebut ada tiga daerah dengan tingkat vaksinasi bagi lansia yang sudah sangat baik, yakni DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Bali. "Kami akan memberikan vaksin tambahan supaya mereka bisa cepat menyelesaikan karena lansia itu adalah yang critical," kata Menkes Budi.

Bila vaksinasi terhadap lansia telah selesai, Budi mengatakan, daerah bisa memulai vaksinasi bagi masyarakat umum. Ia berharap provinsi-provinsi lain bisa ikut mencontoh tiga daerah tersebut dan terus menggenjot program vaksinasi Covid-19 masing-masing.

Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat, sebanyak 13.475.087 orang telah menerima suntikan pertama vaksin Covid-19. Adapun penerima vaksin kedua telah mencapai 8.755.256 orang. kbc10

Bagikan artikel ini: