Meski mudik dilarang, permintaan servis motor Honda di Jatim naik 11 persen

Sabtu, 8 Mei 2021 | 12:32 WIB ET
Presdir MPM Honda Jatim Suwito (tengah) bersama After Sales Service Associate Director MPM Honda Jatim, Hari Subagiyo (kanan) di gudang spare part MPM Learning Centre, Sedati, Sidoarjo.
Presdir MPM Honda Jatim Suwito (tengah) bersama After Sales Service Associate Director MPM Honda Jatim, Hari Subagiyo (kanan) di gudang spare part MPM Learning Centre, Sedati, Sidoarjo.

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Para pemilik sepeda motor Honda tampaknya sudah melek dan sadar akan manfaat perawatan rutin kendaraannya. Hal ini terlihat dari kecenderungan meningkatnya tren permintaan servis dan penggantian spare part di bengkel resmi AHASS (Authirozed Honda Service Station). Tak terkecuali di setiap menjelang libur Lebaran.

Presiden Direktur PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) selaku distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim & NTT, Suwito M mengatakan, meski ada larangan mudik di Lebaran 2021 oleh pemerintah, namun penjualan maupun permintaan servis motor Honda tetap mengalami peningkatan.

"Pandemi memang cukup berpengaruh terhadap pasar sepeda motor. Namun saat ini sudah mulai bergerak pulih dan cenderung meningkat di kuartal I tahun ini meski belum positif," katanya pada Press Gathering dan Buka Puasa Bersama di MPM Learning Centre, Sedati, Sidoarjo, Jumat (7/5/2021).

Menurutnya, peningkatan penjualan motor Honda tersebut lebih dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi guna menunjang kegiatan sehari-hari. Kondisi itu didukung dengan banyaknya pilihan produk yang dihadirkan pabrikan.

"Sementara untuk permintaan servis karena memang sekarang masyarakat kian sadar akan kebutuhan perawatan motor di bengkel resmi dengan standar layanan dan keaslian produk spare part," jelasnya.

After Sales Service Associate Director MPM Honda Jatim, Hari Subagiyo menjelaskan, peniadaan mudik pada Lebaran 2021 memang ada dampaknya terhadap permintaan servis di bengkel AHASS, namun menjelang Ramadan dan Lebaran ini sudah mulai ada peningkatan.

"Pada periode 1-6 Mei 2021 lalu ada peningkatan sekitar 11 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Ini memang masih rendah ketimbang kondiai normal yang biasanya naik 20-30 persen di setiap menjelang Lebaran," ungkapnya.

Diakuinya, bisnis after sales kendaraan bermotor terbilang masih relatif stabil dibanding sektor lain. Hal ini karena bisnis ini sudah menjadi kebutuhan jangka panjang.

Hari memberi gambaran, jika bisnis penjualan motor saat ini sudah naik di angka 78-80 persen atau hampir pulih ke kondisi normal, untuk bisnis spare part dan servis motor sudah pulih di kisaran 118 dari kondisi normal.

Promo AHASS

Oleh karena itu, guna memberikan kesempatan bagi pemilik motor Honda untuk melakukan servis dan penggantian spare part, dalam rangka menyambut bulan Ramadan dan juga Lebaran 2021 ini, MPM Honda Jatim bersama dengan jaringan bengkel resmi honda (AHASS) di seluruh Jawa Timur dan NTT memberikan berbagai pilihan program yang menarik bagi konsumen sepeda motor Honda.

Mulai dari program Cek Aja Dulu Ke AHASS. Program ini dilaksanakan sampai dengan akhir tahun 2021 di 700 seluruh AHASS Jatim dan NTT. Berbagai program spesial dapat dirasakan para konsumen setia AHASS dengan mendapatkan layanan pemeriksaan gratis yakni cek oli, cek lampu, cek ban, cek rem, cek aki, cek rantai dan cek busi. Pengecekan ini untuk melihat apakah part tersebut masih dalam kondisi baik dan layak pakai. Konsumen yang mengikuti program ini juga bisa memanfaatkan PIT Ekspres bengkel AHASS yakni layanan antrian khusus.

Ada juga program spesial perawatan motor "Promo Hoki AHASS". Di program ini konsumen dapat memilih paket perawatan motor mulai dari perawatan basic sampai dengan perawatan lengkap dengan harga mulai dengan Rp 55 ribu. Ada 3 paket perawatan dengan paket A yaitu ganti oli SPX2 dengan penambahan ganti oli gardan, paket B yaitu ganti oli MPX2 dengan pilihan tambahan part antara busi, injector cleaner, dan coolant, dan paket C yaitu ganti oli MPX2 dengan penggantian filter udara.

"Bagi konsumen yang ingin melakukan service lengkap “plus”, tersedia paket service TURBO, yaitu service tune up, injector cleaner, intake manifold serta penggantian oli SPX dan paket Super MATIC, dimana konsumen akan mendapatkan paket bundling service lengkap plus yaitu service tune up dengan injector cleaner, intake manifold, carbon cleaner dan pembersih CVT," beber Hari.

Khusus untuk bulan ramadan MPM Honda Jatim juga menggelar program "SERVICE SEKARANG dapat DISKON untuk SERVICE YANG AKAN DATANG". Ada diskon jasa 20% yang dapat digunakan untuk service berikutnya. Program berlaku pada periode 1-31 Mei 2021, dan periode penggunaan voucher sampai dengan 31 Juli 2021.

"Seluruh jaringan AHASS selalu berkomitmen dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Mulai dari penyediaan tempat cuci tangan dan/atau hand sanitizer, penggunaan masker dan face shield, serta pengaturan jarak kursi di area ruang tunggu. Dan membersihkan area AHASS dengan cairan pembersih/desinfektan sercara berkala, agar konsumen dapat dengan aman dan nyaman melakukan service motornya di AHASS," ujar Hari. kbc7

Bagikan artikel ini: