Inden Toyota Raize di Jatim tembus 130 unit, Mei mulai dikirim

Sabtu, 1 Mei 2021 | 12:50 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan kendaran compact Sport Utility Vehicle (SUV), Toyota Raize, pada Jumat (30/4/2021) kemarin. Model ini melengkapi pilihan di segmen SUV yang trennya terus meningkat.

Dengan kehadiran Toyota Raize, hingga kini sudah ada 6 SUV yang didatangkan oleh TAM ke pasar Indonesia untuk mengisi segmen yang bervariasi. Mobil yang pertama kali mengaspal di Jepang 2 tahun lalu itu diharapkan memenuhi kebutuhan konsumen Tanah Air akan compact SUV modern.

President Director TAM, Susumu Matsuda mengatakan, Toyota Raize dirancang sebagai SUV yang memberikan kenyamanan, dengan dukungan inovasi teknologi mesin turbocharge, namun juga menghadirkan excitement dan better environment.

“Kemunculan model terbaru ini akan menambah pilihan bagi masyarakat Indonesia di segmen SUV. Hal ini sekaligus menjadikan Toyota memiliki enam pilihan di segmen SUV,” kata Susumu Matsuda dalam peluncuran Toyota Raize melalui keterangan tertulis, Jumat (30/4/2021).

Dalam beberapa tahun terakhir, kendaraan SUV kian diminati masyarakat karena bisa digunakan untuk berbagai kegiatan dan memiliki keunggulan pada stylish, advance, fun to drive. Konribusi segmen ini baik di pasar maupun Toyota terus meningkat. Data menunjukkan, pada 2017 kontribusi segmen SUV terhadap total penjualan Toyota berada di angka 11,9%, namun pada 2020 melesat lebih dari dua kali lipat menjadi 25,9%.

Vice President Director TAM, Henry Tanoto mengatakan, dengan tampilan yang sporty dan didukung fitur interior dan safety yang modern dan lengkap di kelasnya, kehadiran Toyota Raize diharapkan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan mobilitas yang beragam sekaligus juga turut mendorong pasar otomotif nasional menjadi lebih dinamis dan berkembang.

Dia menambahkan, TAM juga menargetkan Toyota Rize bisa menyasar segmen konsumen milenial atau keluarga muda yang membutuhkan mobil compact SUV lima penumpang. Sasaran lain adalah konsumen yang ingin memiliki kendaraan kedua dengan dimensi lebih kecil, lincah, dan stylish.

"Jadi segmennya adalah orang yang sudah punya mobil seven seater, apakah Innova atau Rush, mereka butuh pula mobil kecil, yang lebih lincah, dan juga tetap value, serta tetap stylish. Saya rasa Raize bisa masuk ke segmen itu," terang Anton.

Spesifikasi

Toyota Raize sendiri ditunjang oleh sejumlah keunggulan baik dari sisi desain, fitur maupun mesin. Hal ini membuat Toyota yakin mobil 5 seater ini mampu jadi salah satu mobil favorit di Indonesia.

Toyota Raize hadir dalam enam varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T.

Selain itu, produk ini juga hadir dengan varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. “Untuk tipe 1.0T mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021, sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini,” kata Direktur Marketing PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Secara desain, Toyota Raize hadir dengan bahasa desain yang segar, dinamis dan tegas khas mobil SUV. Pada bagian fitur, mobil ini pun terbilang canggih dan dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang keselamatan.

Dari segi eksterior dan interior, Toyota Raize didesain dengan konsep kombinasi “Bold and Active” pada tampilan luar dan “Comfort and Utility” di bagian dalam.

Mobil ini hadir dengan dimensi compact berukuran panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Selain itu, wheelbase (jarak sumbu roda) Toyota Raize mencapai 2.525 mm dan ground clearance mobil ini setinggi 200 mm.

Sementara penampilan Toyota Raize sebagai SUV atraktif terlihat dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Penggunaan LED sudah diaplikasikan di Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp.

Interior Toyota Raize pun terbilang lapang, dilengkapi sejumlah fitur seperti layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern, sekaligus bisa diganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Selain itu, terdapat fitur Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit dengan floating design dan terkoneksi pada smart device T-Link. Ada juga fitur Personal Reminder yang dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistem.

Semua tipe Toyota Raize telah dibekali dengan sejumlah fitur keamanan, berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, Seatbelt Warning, dan Alarm + Immobilizer.

Khusus varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, memiliki fitur keselamatan yang lebih lengkap, yakni berupa: 6 Airbag; Pedal Misoperation Control; dan TSS + BSM RCTA. Adapun TSS (Toyota Safety Sense) merupakan fitur keselamatan yang biasanya melengkapi model di segmen high-premium.

Toyota Raize hadir dalam pilihan warna single tone dan two tone. Selisih harga antara warna single tone dan two tone sekitar Rp2 juta. Pilihan warna single tone ialah White, Red, Yellow SE, Silver Metallic, dan Turqoise MM. Adapun di kategori two tone tersedia pilihan warna, yakni Black-White, Black-Red, Black-Yellow SE, Black -Silver Metallic, dan Black-Turquoise MM.

Berapa harga Toyota Raize?

Model anyar ini masuk ke dalam program pemerintah terkait diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen. Sebagai gambaran, untuk harga on the road Jakarta, dengan PPnBM harga varian G manual Rp236,8 juta, sementara tanpa PPnBM Rp219,9 juta. Kemudian G CVT dari Rp251,1 juta, setelah terkena insentif jadi Rp233,1 juta.

Berikutnya GR Sport dengan PPnBM Rp263,2 juta, sementara dengan insentif Rp244,7 juta. Selanjutnya GR Sport TSS dengan PPnBM Rp283,8 juta, sementara harga tanpa PPnBM Rp263,7 juta.

Pasar Jawa Timur

Operation Manager Auto2000 wilayah Jawa Timur, Judianto mengatakan, meski secara resmi harga on the road Surabaya untuk Toyota Raize belum keluar, namun dia memberi gambaran akan ada selisih harga sekiar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta lebih tinggi dari harga on the road Jakarta. Hal ini karena adanya penambahan biaya angkut dan sebagainya.

"Namun intinya dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang dimiliki Toyota Raize unuk sisi keamanan dan kenyamanan, saya kira cukup kompetitif, apalagi saat ini kendaraan ini masuk dalam program diskon PPnBM," ungkapnya pada peluncuran Toyota Raize di Surabaya, Jumat (30/4/2021).

Judianto menyebut, meski baru dikenalkan secara nasional, namun animo konsumen terhadap Toyota Raize cukup tinggi. Terbukti, di wilayah Jatim saat ini sudah ada sekitar 130 unit inden yang sudah masuk, baik ke diler Auto2000 maupun diler mitra Toyota lainnya.

"Ditargetkan pada Mei dan sebagian Juni 2021 Toyota Raize sudah bisa terdelivery ke konsumen," ujarnya.

Dengan tingginya animo konsumen tersebut, Judianto optimistis bahwa penjualan Toyota Raize di Jatim nantinya bisa menembus angka 200 unit per bulan.

"Secara total penjualan Auto2000 saat pandemi tahun lalu memang turun jadi 800 unit per bulan. Namun menginjak tahun 2021 ini terus meningkat didorong oleh stimulus PPnBM. Pada Maret lalu penjualan Auto2000 di Jatim menembus 1.800 unit plus 600 unit dari diler mitra," jelasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: