Mudik dilarang, Doni Monardo minta provider tambah kapasitas internet

Jum'at, 30 April 2021 | 10:40 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta  para provider telekomunikasi menambah kapasitas jaringan internet selama Lebaran 2021 guna mendukung komunikasi virtual oleh masyarakat. Dia berharap penambahan kapasitas jaringan internet itu mampu mencegah keinginan mudik masyarakat.

"Kami minta provider untuk meningkatkan jaringan internetnya, terutama di desa-desa, agar komunikasi virtual bisa lancar," kata Doni Monardo saat rapat koordinasi penanganan Covid-19 Wilayah Jawa Barat di Pendopo Bupati Cirebon, Kamis (29/4/2021).

Menurutnya, ketika kapasitas internet di desa tujuan mudik bisa ditingkatkan, maka diharapkan bisa menekan keinginan warga yang tujuh persen menurut survei akan memaksa mudik pada Lebaran 2021.

Pemerintah, menurut Doni, telah mengeluarkan kebijakan melarang mudik dan posko penyekatan juga telah disiapkan di berbagai daerah. Untuk itu ia meminta semua pihak agar bekerja sama dalam rangka menekan keinginan mudik itu. "Semua pihak harus bekerja keras untuk menekan keinginan mudik ini," tuturnya.

Ia menambahkan, jika memungkinkan, maka fasilitas internet gratis juga diberikan kepada masyarakat yang secara ekonomi mempunyai keterbatasan agar komunikasi di desa dan kota berjalan lancar.

Doni berharap pengalaman mudik Lebaran 2020 tidak terulang pada tahun ini, dan penyebaran Covid-19 di Indonesia dapat terkendali. "Kalau bisa perusahaan juga mendukung posko-posko juga agar mendapatkan fasilitas internet lebih lama," kata Doni Monardo. kbc10

Bagikan artikel ini: