Ipanganandotcom, cara anyar BULOG stabilkan harga daging Ruminansia

Senin, 26 April 2021 | 20:49 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Perum BULOG merintis penjualan daging kerbau beku secara online melalui platform ipangandotcom. Untuk itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) logistik pangan menyiapkan pasokan daging sebanyak 13.000 ton.

Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso menuturkan pihaknya melakukan penjualan lewat platform e-commerce agar memudahkan pembelian bagi masyarakat di masa pandemi. Penjualan tersebut dilakukan di wilayah Jakarta, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Medan dengan harga jual Rp 84.999 ribu per kg.

"Kita ingin berikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan daging dengan harga yang murah dan kecepatan pengiriman sehingga masyarakat dapat menghemat waktu dan biaya" kata Buwas begitu biasa disapa kepada wartawan di Jakarta, Senin (26/4/2021).

Buwas mengatakan, penjualan secara online memang belum menjangkau semua kota. Untuk kota-kota yang belum bisa dijual secara online, BULOG memanfaatkan jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) yang bisa didatangi langsung oleh masyarakat.

Buwas mengatakan, harga daging khususnya komoditas daging sapi mengalami kenaikan harga dalam beberapa waktu terakhir. Harga di tingkat konsumen tembus hingga Rp 130.000-Rp 140.000 per kg.

Karena itu, adanya penjualan daging kerbau beku seharga Rp 80.000 per kg diharakan dapat menjadi alternatif. "Kita ingin kebutuhan masyarakat akan daging bisa tercukupi dan kita berusaha agar harga tidak melambung," terangnya.

Direktur Bisnis BULOG Febby Novita mengatakan penjualan daging kerbau beku melalui online merupakan kerja sama dengan Shopee selaku pemilik e-commerce serta Istore Isend selaku pengelola toko online ipanganandotcom.

Dia mengatakan, lantaran daging beku yang rentan rusak, pengiriman akan tiba di hari yang sama atau dalam kurun waktu 24 jam. Pengiriman langsung dilakukan dari gudang penyimpanan hingga ke rumah konsumen. "Seharusnya dengan adanya ini tidak ada alasan lagi untuk sulit mendapatkan daging karena bisa dibeli lewat aplikasi," ujarnya.

Direktur Istore Isend Rudy Tanoesudibjon menambahkan dengan adanya imbauan untuk tidak mudik, penjualan daging beku melalui online diyakini dapat menjadi pilihan masyarakat untuk melakukan pengiriman kepada kerabat.Rudy mengatakan meskipun saat ini baru mampu menjangkau tujuh kota besar, pihaknya bersama BULOG akan terus memperluas cakupan wilayah hingga bisa menjangkau seluruh kota dan kabupaten di Indonesia. "Kami ingin menguasai pasar panganan, dan ini akan sangat mungkin terjadi apabila cakupan online terluas," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: