Cair, pegawai dan pensiunan ASN-TNI/Polri bakal peroleh THR

Kamis, 22 April 2021 | 22:27 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 30,6 triliun sebagai tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai dan pensiunan ASN-TNI-Polri.

Pemerintah berharap penyaluran THR pada tahun ini berdampak positif pada peningkatan konsumsi masyarakat dan memicu terjadinya gerak perekonomian. "Jadi kalau ditanyakan apakah akan berikan dampak positif, pasti. THR ini seperti yang biasa kami sampaikan akan dibayarkan pada H-10 nanti sampai H-5 sebelum lebaran," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA di Jakarta, Kamis (22/4/2021),

Sri Mulyani juga mengatakan, proses penyaluran THR ini sudah siap dan tinggal menunggu penandatanganan peraturan pemerintah (PP) oleh Presiden Joko Widodo. "Ini bertahap akan disampaikan. Nanti kami umumkan sesudah PP diselesaikan. PP dalam proses paraf bersama untuk kami tandatangani dan kemudian ditandatangani presiden," ujarnya.

Porsi THR pada tahun ini yang sebesar Rp 30,6 triliun cukup besar jika dilihat dari realisasi belanja pemerintah pusat yang sebesar Rp 350 triliun. Karenanya diharapkan dapat mendorong pemulihan konsumsi masyarakat, meskipun pelarangan mudik Lebaran 2021 telah diberlakukan pemerintah untuk satu bulan ke depan.

"THR ini jumlahnya sangat signifikan dan diharapkan mendorong (konsumsi). Meski masyarakat enggak mudik. Tetapi tetap bisa kirim kepada orang tua, atau saudara di kota tempat tinggal asal," pungkasnya.kbc11

Bagikan artikel ini: